Selasa, Mei 7, 2024
BerandaBisnisMahir Riset Sejak Dini, Siswa SMA Darul Hikam Terlatih Berpikir Kritis

Mahir Riset Sejak Dini, Siswa SMA Darul Hikam Terlatih Berpikir Kritis

DESTINASI BANDUNG-Mahir Riset Sejak Dini, Siswa SMA Darul Hikam Terlatih Berpikir Kritis. Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Hikam tak hanya memiliki karakter berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam, tetapi juga mampu berpikir kritis dalam menyikapi fenomena di sekitar mereka. Daya kritis para siswa itu terbentuk karena mereka terlatih untuk melakukan riset sejak kelas X.

Koordinator Riset SMA Darul Hikam, Febrianty Nurpratiwi menerangkan, riset ini merupakan program tahunan SMA Darul Hikam yang dilaksanakan untuk kelas X dan XI. Para siswa di level tersebut wajib melakukan riset dengan bimbingan guru.

“Dalam riset ini, siswa dibimbing mulai dari membagi kelompok IPA dan IPS, penentuan judul, teknik pengumpulan dan pengolahan data, lalu dikompilasi jadi makalah hingga dipresentasikan kepada dewan juri pada akhir tahun ajaran,” ucap Febrianty di SMA Darul Hikam, Selasa 15 Juni 2021.

Febrianty mengungkapkan, tahun ini sebanyak 32 hasil riset yang telah dibuat oleh siswa. Selain dilakukan penilaian satu persatu, hasil riset akan diseleksi untuk dilombakan hingga terpilih empat riset terbaik.

Puncaknya, empat riset terbaik diuji pada “Sidang Terbuka Riset SMA Darul Hikam” bertajuk “Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking melalui Riset untuk Membangun Generasi Berakhlak Berprestasi” secara virtual pada Jumat 11 Juni 2021.

Adapun para penguji terdiri atas Dr. Aas Nurasyiah, S.Pd., M.Si. (dosen UPI Bandung), Dr. Euis Julaeha, M.Si. (dosen Kimia di Unpad), H. Lukman Amin, S.Pd., M.Si. (Kepala Biro Perguruan Darul Hikam), dan Niknik Andriani, S.Si (Kabag Kurikulum Perguruan Darul Hikam).

Judul-judul riset yang diujikan pun dinilai para juri sangat berbobot, yaitu Perbandingan Kualitas Bioplastik Menggunakan Bahan Dasar Pati Singkong dengan Pati Biji Durian (Juara 1), Pengaruh Pemberian Garam Epsom terhadap Penderita Tumit Pecah (Juara 2), Perbandingan Pemasaran Online dengan Offline terhadap Omzet Penjualan Pabrik The Jeans pada Masa Pandemi Covid-19 (Juara 3), dan Pengaruh Lama Fermentasi terhadap Kadar Alkohol Tapai Ketan Hitam (Juara Favorit).

Menurut dia, semua juri sangat mengapresiasi riset siswa. Pesan para juri, diharapkan anak-anak dapat mulai belajar kritis dan mau terus melakukan riset.

Memang, dari pembiasaan melakukan riset ini, ungkap Febrianty, para siswa menjadi lebih bertanggung jawab dan disiplin, mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih di usia sebayanya, bisa membedakan antara fakta dan hoax, dan terlatih berpikir kritis.

Hal senada diamini oleh salah seorang juri yang juga dosen di Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Aas Nurasyiah, S.Pd., M.Si. Dia mengungkapkan, ini program luar biasa yang dibuat SMA Darul Hikam yang mengajarkan siswa sejak dini melakukan riset. Ketika mereka kuliah, lulusan SMA Darul Hikam tidak akan kaget lagi jika ditugaskan melakukan riset.

“Saya sangat mengapresiasi program ini, apalagi para siswa dibimbing dengan baik. Di tengah keterbatasan di masa pandemi, SMA Darul Hikam bisa mendorong siswa melakukan riset itu luar biasa, alhamdulillah. Ke depan jika kondisi sudah kembali normal, saya yakin riset siswa akan lebih optimal.

Tentunya, lulusan SMA Darul Hikam pasti lebih siap ketika kuliah, karena kebanyakan mahasiswa biasanya kebingungan jika diminta melakukan riset, padahal itu sudah menjadi kebutuhan,” ucap Aas.

RELATED ARTICLES

Most Popular