Minggu, Mei 5, 2024
BerandaBisnisSBM ITB Gelar Pelatihan Singkat kepada Ratusan UKM di Jawa Barat Sekaligus...

SBM ITB Gelar Pelatihan Singkat kepada Ratusan UKM di Jawa Barat Sekaligus Peluncuran Buku ‘Childpreneurship’

DESTINASI BANDUNG– SBM ITB Gelar Pelatihan Singkat atau Coaching Clinic kepada Ratusan UKM di Jawa Barat Sekaligus Peluncuran Buku ‘Childpreneurship’.

SBM ITB untuk kedelapan kalinya mengadakan
Coaching Clinic atau pelatihan kepada 318 UKM Jabar Jumat 23 September 2022.

Peningkatan pemanfaatan digitalisasi, pengaturan keuangan (finance managerial), serta kombinasi antara online dan offline (branding), menjadi materi utama yang diberikan dalam sebuah pelatihan singkat atau Coaching Clinic oleh Thegreaterhub Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) kepada sekitar 318 UKM se-Jawa Barat (Jabar).

“Ini adalah coaching clinic (pelatihan singkat) Batch 9 atau yang ke sembilan kalinya kami gelar. Dimulai dari 26 September hingga 3 Desember 2022,” ujar Direktur Thegreaterhub SBM ITB Dina Dellyana di Amphiteather SBM ITB yang terletak Jl. Gelap Nyawang Kota Bandung, Jumat 23 September 2022.

Lebih lanjut Dina mengatakan, pihaknya berusaha mempertemukan UKM dengan mahasiswa MBA ITB sebagai coach sehingga diharapkan mampu meningkatkan potensi UKM di Jawa Barat.

“Tahun ini ada 318 UKM yang sudah mendaftar. Ada sebagian yang sebelum-sebelumnya pernah ikut, sekarang ikut lagi, tapi sekarang lebih didominasi oleh pelaku-pelaku UKM baru yang rata-rata anak muda atau milenial,” ungkap Dina.

Coaching clinic ini menurut Dina cukup mendapat perhatian dari para pelaku UKM di Jabar, terlihat dari jumlah UKM yang mendaftar setiap tahunnya mengalami peningkatan.

“Pesertanya bertambah terus tiap tahunnya. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 boleh dikatakan sudah landai. Nah mereka-mereka yang dulu saat pandemi terpuruk, kali ini mulai bangkit,”katanya.

“Umumnya UKM yang ikut tahun ini ingin memahami lebih dalam seputar pengaturan keuangan, bagaimana mengkombinasikan antara online dan offline atau meningkatkan branding produknya, serta bagaimana memanfaatkan digital, “katanya

Masih menurut Dina, untuk digital ini tidak hanya sebatas digital. Mereka sudah online, itu digital, tapi bagaimana benar-benar memanfaatkannya agar bisa menyeimbangkan dan meningkatkan pendapatan.

“Selain materi-materi tersebut, para pelaku UKM ini juga akan seperti meningkatkan kemampuan branding dan digital marketing,” kata Dina.

Pembukaan coaching clinic 2022 ini berbarengan dengan peluncuran buku “Childpreneurship” dan dibuka oleh Dr. Dina Dellyana selaku Direktur Thegreaterhub SBM ITB dan Prof. Wawan Dhewanto.

Acara tersebut juga dilanjutkan dengan sharing session mengenai potensi dan tata cara export UMKM Mndonesia oleh Irham Amir selaku Export Specialist dan Chief International Relation Officer at Aspenku —an sharing session dari perwakilan Shopee Indonesia.

Dalam buku Childerpreneurship ini membahas mengenai tuntunan kepada orang tua atau guru, yang ingin mendorong anak atau muridnya menjadi entrepreneur sejak dini.

“Saat ini ada fenomena anak-anak mulai tertarik pada dunia wirausaha dan banyak yang berhasil. Oleh karena itu, buku ini sangat baik sebagai pegangan bagi orang tua atau guru yang ingin mendorong anak atau muridnya memiliki jiwa kewirausahaan,” ujar Prof. Wawan Dhewanto.

RELATED ARTICLES

Most Popular