Minggu, Mei 5, 2024
BerandaHotelHotel BandungRayakan Hari Batik Nasional, Pullman dan ibis Styles Bandung Grand Central Mempersembahkan...

Rayakan Hari Batik Nasional, Pullman dan ibis Styles Bandung Grand Central Mempersembahkan Interactive Art Experience ‘Eklektik Batik’

DESTINASI BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central menawarkan pengalaman unik untuk melestarikan budaya Batik kepada publik.

Inisiasi ini bertujuan untuk mengenalkan batik yang bersinergi secara harmonis dengan teknologi.

Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central dengan bangga mempersembahkan “EKLEKTIK BATIK”, sebuah pengalaman seni interaktif di mana para tamu dapat membatik pola Batik pilihan mereka dengan menggunakan teknologi digital.

Acara pembukaan “Eklektik Batik” jatuh bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional pada Senin, 2 Oktober 2023.

Baca juga: 4 Kegiatan Seru Buat Pilihan Libur Long Wiken di Tempat Wisata Bandung 2023

Turut dimeriahkan oleh peragaan busana Trunk Show, bekerja sama dengan Dama Kara, UMKM batik lokal Bandung yang dikenal dengan desain Batik Kontemporer serta komitmennya dalam memberdayakan rekan-rekan istimewa.

Komitmen Dama Kara tertuang pada bentuk apresiasi royalti kepada rekan-rekan istimewa pada setiap hasil karya seni mereka yang terjual.

Selain itu, Art Lab MOTIONBEAST, Studio Kreatif Multimedia dari Bandung turut menjadi bagian dari rangkaian acara “Eklektik Batik”.

Menampilkan visual animasi yang mengeksplorasi keberagaman Batik tradisional berpadu dengan kontemporer pada layar LED interaktif.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Bandung 2023 yang Ada Wahana Rainbow Slide, Cocok Liburan Bareng Keluarga

Melalui kolaborasi ini, MOTIONBEAST mengekspresikan bagaimana Batik secara harmonis dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi pada era digital.

General Manager Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central, Dominique A. Albero, saat mendemokan membatik secara digital. Foto: Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central

Acara pembukaan “EKLEKTIK BATIK” turut didukung oleh House of Donatello, para model dari Mojang Jajaka Kota Bandung, Make Over Cosmetics, dan Widi Fermannesa Make Up Artist.

“Tahun ini, kami ingin merayakan keindahan Batik dengan pendekatan yang lebih modern, kami berkomitmen untuk selalu berselaras dengan teknologi terkini seiring dengan terus berkembangnya mode dan trend”, ujar Dominique A. Albero, General Manager Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central.

“Inisiatif Batik ini dirancang khusus untuk mengembangkan pengenalan Batik dengan inovasi unik agar terus menginspirasi masyarakat untuk melibatkan batik dalam kehidupan sehari-hari kita’, tambahnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi pemacu bagi masyarakat untuk selalu melestarikan Warisan Budaya dan Seni Indonesia yang tak lekang oleh waktu’, pungkasnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Bandung 2023 yang Sering Dikunjungi Wisatawan, Salah Satunya Floating Market Lembang

Interactive Art Experience ini dilengkapi dengan LED berukuran 5x3m yang menampilkan visual animasi perjalanan pengenalan Batik serta evolusi dari generasi ke generasi.

LED interaktif menjadi inisiasi utama pada event ini di mana turut menampilkan kreasi personalisasi Batik para tamu yang dihasilkan melalui layar “touch screen” digital.

Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central with Motionbeast, Dama Kara dan Mojang Jajaka Kota Bandung. Foto: Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central

Para tamu dapat mengunduh kreasi mereka dengan memindai QR Code yang tersedia dan akan tersimpan pada ponsel mereka.

Eklektik Batik akan berlangsung selama 2 (dua) pekan mulai Senin, 02 Oktober 2023 hingga Minggu, 15 Oktober 2023 dan terbuka untuk para tamu yang ingin menelusuri keberagaman Batik dengan cara yang unik.

Hari Batik Nasional merupakan hari bersejarah dimana batik Indonesia diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Hingga saat ini, Hari Batik Nasional telah menjadi hari perayaan budaya Indonesia yang turut dirayakan di berbagai platform di dunia.

RELATED ARTICLES

Most Popular