Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaOtomotifFungsi dan Cara Merawat Cover Knalpot Sepeda Motor

Fungsi dan Cara Merawat Cover Knalpot Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG- Saat ini hampir sebagian besar sepeda motor telah menggunakan muffler protector atau cover pelindung bagian luar knalpot.

Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk meningkatkan keselamatan dan melindungi pengendara serta penumpang.

Beberapa fungsi tambahan dari muffler protector antara lain :

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Standar Sepeda Motor, Ternyata Ini Fungsinya
 
1. Pelindung Panas
Knalpot merupakan komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan gas buang hasil pembakaran, dan bagian ini memiliki suhu yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kulit melepuh dan terbakar jika terkena kaki pengendara. Untuk menghindari hal tersebut, knalpot pada sepeda motor terbaru, baik jenis matic, bebek, maupun sport, telah dilengkapi dengan cover knalpot.
 
Cover knalpot ini terbuat dari plastik yang tahan panas, sehingga dapat melindungi kaki pengendara dari sentuhan tidak sengaja atau radiasi langsung dari panas yang dihasilkan oleh knalpot sepeda motor. Dengan adanya cover knalpot, risiko cedera atau luka akibat kontak langsung dengan knalpot yang panas dapat diminimalkan, meningkatkan tingkat keselamatan pengendara. Selain itu, komponen ini juga memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap suhu tinggi knalpot, menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna sepeda motor.
 
2. Pelindung Dari Debu dan Kotoran
Selain itu, cover knalpot juga dapat melindungi knalpot dari debu dan kotoran, seperti lumpur dari jalanan, sehingga tidak langsung mengenai silencer atau pipa knalpot. Hal ini membantu menjaga agar knalpot tetap awet dan tahan lama. Komponen tersebut juga dirancang untuk kemudahan dalam proses pemasangan dan pelepasan menggunakan mur dan baut, sehingga memudahkan untuk membersihkannya atau mencuci cover knalpot.
 
3. Pelindung Dari Benturan
Cover knalpot juga dapat meminimalisir kerugian akibat benturan atau kecelakaan. Saat terjadi kejadian seperti terjatuh, cover knalpot lah yang akan bersentuhan langsung dengan aspal, sehingga bagian silencer knalpot lebih aman dan terlindungi. Karena terbuat dari bahan plastik atau logam berbentuk plat yang ringan, komponen cover knalpot memiliki harga yang lebih terjangkau ketika perlu dilakukan penggantian.
 
4. Estetika Desain
Tak hanya berfungsi sebagai pelindung, cover knalpot juga berperan sebagai pendukung estetika desain yang dapat meningkatkan tampilan sepeda motor menjadi lebih menarik. Desain knalpot menjadi tampak lebih besar, lebih compact, lebih sporty, dan juga lebih modern.
 
Merawat cover knalpot juga tergolong cukup mudah, mirip dengan perawatan bagian lain pada sepeda motor. Komponen ini perlu dibersihkan secara rutin. Karena dapat dilepas-pasang dengan mudah melalui pembukaan mur dan baut, cover knalpot bisa dibersihkan secara menyeluruh, baik bagian dalam maupun luar.
 
“Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dan servis secara berkala di bengkel resmi terdekat, seperti AHASS, agar sepeda motor dirawat oleh teknisi yang bersertifikasi dan menggunakan sparepart yang dijamin keasliannya. Gunakan layanan booking service untuk mendapatkan servis tanpa harus antri,” ujar Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora

RELATED ARTICLES

Most Popular