Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaBisnisBioFarma & Osaka University Sinergi Tenaga Riset & Biotechnologi

BioFarma & Osaka University Sinergi Tenaga Riset & Biotechnologi

Destinasi Bandung-BioFarma & Osaka University Sinergi Tenaga Riset & Biotechnologi. Bio Farma Indonesia dan Osaka University Jepang menandatangani MoU (memorandum of understanding) atau Nota Kesepahaman, Kamis (4/5/2017). Dari Osaka University Jepang oleh Prof Fukusaki, selaku pimpinan Fukusaki Laboratory Jepang, dan Iskandar, selaku Direktur Utama Bio Farma.

Menurut Fukusaki, Suatu kehormatan dapat bersinergi dengan Bio Farma, sebuah perusahaan vaksin ternama di Indonesia, kolaborasi ini akan fokus pada pertukaran tenaga riset, program pengembangan biotechnologi, kolaborasi riset dan internship atau tenaga magang penempatan di Indonesia dan Jepang.

“Bio Farma Indonesia merupakan International partner pertama untuk kerjasama dalam bidang ini,”ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama Bio Farma Iskandar mengatakan, sebelumnya kami sudah pernah bekerja sama dengan Biken University Jepang, tahun ini sinergi kembali dengan Osaka University. kami menawarkan kolaborasi yang potensial di bidang pertukaran tenaga riset antara Osaka University dan lembaga di Indonesia. Baik Universitas maupun lembaga riset anggota konsorsium Forum Riset Life Science Nasional, kemudian melakukan join research dengan anggota konsorsium, penempatan tenaga riset Bio Farma untuk melanjutkan gelar PHD di Osaka University.

“Kami kedepannya juga ingin sinergi riset seperti yang disampaikan osaka university yaitu pada metabolomics, feed medium, chemical based medium development, kedepannya riset-riset yang diharapkan tidak hanya fokus pada produk life science tapi juga mempersiapkan untuk renewable energy dan isu lingkungan di dunia,”ujarnya.

Saat ini Fukusaki laboratorium Osaka University Jepang memiliki 58 periset mahasiswa dari Indonesia dan total terdapat 10 mahasiswa Indonesia yang belajar di Osaka, 6 orang diantaranya adalah kandidat yang akan meraih gelar “Ph.D” atau gelar akademik tertinggi pada suatu bidang kelimuan. Dengan di tandatanganinya nota kesepahaman antara pihak Osaka Jepang dan Bio Farma Indonesia ini diharapkan mampu mengakselerasi produk-produk vaksin dan Life Science dengan mengaplikasikan bioteknologi terbarukan.

RELATED ARTICLES

Most Popular