Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaHeadline15 Taman Tematik di Bandung yang Asik Untuk Dikunjungi

15 Taman Tematik di Bandung yang Asik Untuk Dikunjungi

Destinasi Bandung – Tidak salah kota Bandung di juluki sebagai kota Kembang. Pasalnya sejak di pimpin oleh Ridwan Kamil kota Bandung terus mempercantik diri dengan membangun taman-taman tematik. Dengan banyaknya taman selain mengurangi polusi udara juga sebagai alternatif wisata murah bagi keluarga yang ingin jalan-jalan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Berikut ini beberapa taman tematik yang bisa Anda kunjung di Kota Bandung:

Taman Vanda / Destinasi Bandung
Taman Vanda / Destinasi Bandung

1. Taman Vanda

Taman ini tepat berlokasi di Jalan Merdeka bawah, tepatnya di antara Gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung. Taman ini dilengkapi dengan air mancur. Nama Taman ‘Vanda’ sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Lokasinya dekat dengan Taman Balai Kota dan Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang (Jln. Merdeka).

Taman bunga kandaga puspa cilaki / Destinasi Bandung
Taman bunga kandaga puspa cilaki / Destinasi Bandung

2. Taman Pustaka Bunga Cilaki

Taman yang dulunya dikenal taman Cilaki ini, kini lebih cantik dengan ditanami sekitar bunga dari berbagai jenis. . Suasana sejuk dan asri membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini. Pengunjung taman harus mengikuti aturan masuk ke taman ini: tidak boleh bawa makanan, minuman, dan binatang.

Taman fotography / Destinasi Bandung
Taman fotography / Destinasi Bandung

3. Taman Fotografi

Taman yang berada di jalan Anggrek ini merupakan wadah untuk komunitas foto berkumpul. Adapun fasilitas yang disediakan di sana yakni kelengkapan yang menunjang kegiatan fotografi, seperti cermin-cermin, spot foto dan lainnya. Taman ini dilengkapi dengan WiFi Bandung Juara dan arena bermain anak di sebelah timur.

Taman Jomblo ( Pasupati ) / Destinasi Bandung
Taman Jomblo ( Pasupati ) / Destinasi Bandung

4. Taman Jomblo (Taman Pasupati)

Inilah nama taman yang termasuk “fenomenal” di Kota Bandung. Nama tersebut tercetus karena taman yang lokasinya berada di kolong jembatan Pasupati tersebut terdapat single seat atau bangku yang didesain untuk duduk sendiri. Taman tersebut banyak didatangi anak-anak muda Bandung untuk sekadar nongkrong atau berfoto-foto.

Taman Skateboard / Destinasi Bandung
Taman Skateboard / Destinasi Bandung

5. Taman Skate Board

Taman Skate ini letaknya berada di sebelah Taman Jomblo. Taman ini digunakan untuk kegiatan skateboarding. Hampir semua skateboarder di Kota Bandung berkumpul disini dan menyalurkan hobinya secara bergantian dari siang hingga malam.

Taman Film / Destinasi Bandung
Taman Film / Destinasi Bandung

6. Taman Film

Taman ini berlokasi bawah jalan layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. orang penonton. Sebagai yang pertama di Indonesia, taman ini dilengkapi dengan teknologi videotron raksasa berukuran 4×8 meter. Penonton pun akan dimanjakan dengan sound sistem berkualitas baik yang didukung daya listrik 33000 watt.

Taman musik centrum / Destinasi Bandung
Taman musik centrum / Destinasi Bandung

7. Taman Musik Centrum

Taman yang berlokasi di Jalan Belitung itu diperuntukkan bagi mereka gemar musik, terutama anak band. Tempat itu jadi bisa jadi tempat bagi band-band yang ingin manggung. Jika ingin membuat pertunjukan musik, syaratnya pun cukup mudah cukup koordinasi dan mengajukan perizinan pada Diskamtam.

Taman Lansia / Destinasi Bandung
Taman Lansia / Destinasi Bandung

8. Taman Lansia

Taman sebetulnya bukan hanya “milik” kaum lanjut usia, siapapun bisa masuk ke taman ini. Taman ini terletak di Jalan Cisangkuy Bandung dan biasa digunakan sebagai tempat olahraga maupun rekreasi keluarga atau hanya ingin duduk santai saja.

Taman Superhero / Destinasi Bandung
Taman Superhero / Destinasi Bandung

9. Taman Super Hero

Kini di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek ini ada Taman Superhero. Patung superhero yang dipajang di sana adalah Gatotkaca, Superman dan Batman. Jadi cocok banget untuk bawa adik atau keluarga ke taman ini.

Taman Pet park / Destinasi Bandung
Taman Pet park / Destinasi Bandung

10. Taman Petpark

Taman kota yang berlokasi di jalan ini dapat digunakan oleh masyarakat penggemar hewan peliharaan. Taman ini bukan berarti para pengunjung harus membawa hewan peliharaan, setiap warga bisa memanfaatkan fasilitas di taman ini. Namun, bedanya di taman ini ada penambahan berupa fasilitas yang diperuntukan bagi hewan peliharaan.

Taman Dewi Sartika / Destinasi Bandung
Taman Dewi Sartika / Destinasi Bandung

11. Taman Dewi Sartika

Masih satu kawasan dengan Taman Balaikota, taman yang satu ini lumayan luas. Ada dekorasi mirip Stonehedge, ada kembang-kembang aneka bunga, dan ada juga trotoar yang lebar dan nyaman untuk berjalan kaki. Atraksi favorit di sini adalah sungai Cikapayang. Tamannya dirancang untuk bermain air, tak heran banyak yang nongkrong di sini dan mencelupkan kakinya ke dalam sungai Cikapayang yang sudah dibuat dangkal dan aman.

Taman teras Cikapundung / Destinasi Bandung
Taman teras Cikapundung / Destinasi Bandung

12. Taman Teras Cikapundung

Teras Cikapundung terletak di Sungai Cikapundung, Babakan Siliwangi. Di Taman Cikapundung ini memiliki tiga zona wisata, ada air mancur yang mengikuti alunan lagu. Ada amphiteater yang berfungsi untuk acara musik. Yang terakhir taman ini juga menjadi tempat konservasi ikan khasSungai Cikapundung, selain itu sungainya juga bisa dipakai tempat untuk rafting yang dikelola oleh komunitas.

Taman Balaikota / Destinasi Bandung
Taman Balaikota / Destinasi Bandung

13. Taman Balaikota

Taman Balai Kota Bandung terletak di dalam kompleks Balai Kota Bandung. Di taman menyimpan beberapa patung seperti Patung Dewi Sartika-salah satu pahlawan wanita Jawa Barat, Patung Badak-untuk melambangkan binatang khasa Jawa Barat, badak Putih dan Patung Merpati-untuk memperingati dilepasnya 800 ekor merpati di taman ini.

Taman Cikapundung Riverspot / Destinasi Bandung
Taman Cikapundung Riverspot / Destinasi Bandung

14. Taman Cikapundung Riverspot

Dengan merujuk gaya penataan Eropa, Cikapundung River Spot jadi tempat selfie cantik apalagi di malam hari. Penataan trotoar yang dilengkapi dengan bangku cantik dan pot kembang besar terinspirasi gaya penataan ruang public di Cannes, Perancis. Di tengah plaza Cikapundung River Spot ada air mancur menari-menari. Saat malam hari, air mancur itu akan menyala dan dihiasi lampu warna-warni sesuai irama lagu.

merupakan salah satu paru-paru kota Bandung. Taman ini sudah ada sejak zaman Belanda dan dinamakan Tjibeunjing Plantsien. Taman ini berada di jalur Jalan Cibeunying Utara dan Selatan. Taman ini banyak mengalami perubahan sejak pembuatannya dari zaman pemerintahan Belanda.

Taman Cibeunying / Destinasi Bandung
Taman Cibeunying / Destinasi Bandung

15. Taman Cibeunying
Taman ini pada awalnya sebenarnya lebih berfungsi sebagai hutan kota. Waktu itu taman ini merupakan bagian dari jalur hijau yang ada di antara Taman Cilaki dan Taman bengawan. Sekarang taman ini banyak digunakan sebagai tempat Prawedding maupun tempat berkumpulnya komunitas fotography.

RELATED ARTICLES

Most Popular