Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaBisnisKemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng PT Mahakarya Berkah Berkah Madani (MBM)...

Kemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng PT Mahakarya Berkah Berkah Madani (MBM) Tetap Eksis Dimasa Pandemi Covid-19

DESTINASIBANDUNG-Kemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng PT Mahakarya Berkah Berkah Madani Tetap Eksis Dimasa Pandemi Covid-19. PT Mahakarya Berkah Madani yang berlokasi di Jalan Parahyangan Permai Blok K No. 7 Parongpong Kabupaten Bandung Barat, merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang budidaya lebah klanceng penghasil madu berkualitas tinggi.

Menurut Direktur PT Mahakarya Berkah Berkah Madani, Mada Purna Wijaya, berbeda dengan madu lain, madu produksi PT Mahakarya Berkah Berkah Madani yang dihasilkan dari lebah klanceng atau yang dalam bahasa latin disebut levicep Trigona memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan enzim yang sangat membantu dalam memulihkan stamina dan berbaikan sel tubuh.

“Kandungan propolis dan bee pollen madu klanceng produksi PT Mahakarya Berkah Berkah Madani sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat. Selain itu madu klanceng dari bunga matahari dipercaya sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh,”katanya.

Lebih lanjut Mada mengatakan, Madu ini juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi.

Selain itu, madu dari lebah Klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis. Menurut hasil penelitian 100 gram madu klanceng memiliki energy yang setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dengan kandungan yang dimiliki, madu klanceng banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetika baik dalam dan luar negeri, “ujarnya.

Karena memiliki banyak manfaat, harga madu klanceng pun cukup tinggi, bahkan permintaanya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh karena itulah PT. Mahakarya Berkah Madani menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk membudidayakan lebah madu klanceng ini.

Mada menambahkan, Masyarakat yang berminat membudidayakan lebah madu klanceng trigona, bisa membeli 1 stup bibit lebah madu klanceng seharga Rp.1,2 juta.

“Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, madu klanceng yang dihasilkan akan dibeli oleh PT. Mahakarya Berkah Madani dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp. 400.000,- untuk setiap stup, “ujarnya.

Dengan perjanjian diatas materai PT. MBM menjamin akan membeli setiap tetes madu klanceng yang dihasilkan oleh mitranya.

Selain keuntungan dari penjualan madu klanceng, para mitra juga diberikan kesempatan untuk menjadi agen.

Agen adalah perwakilan penjualan stup lebah madu klanceng di setiap Kecamatan, dalam hal ini satu Kecamatan dibatasi hanya boleh ada satu agen madu klanceng PT. MBM.

Syarat menjadi agen adalah mitra harus memiliki minimal 50 stup lebah madu klanceng yang digunakan sebagai percontohan bagi mitra lain.

Agen mendapatkan keuntungan dari penjualan stup lebah madi klanceng sebesar Rp. 60.000,- untuk setiap stup yang terjual.

Selain agen ada juga Mini Agen, yang diberikan hak untuk memasarkan stup lebah madu klanceng kepada calon mitra.

Mini agen mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 30.000,- untuk setiap stup lebah madu klanceng yang terjual. Persyaratan menjadi Mini Agen, adalah mitra harus memiliki minimal 10 stup lebah madu klanceng.

Tidak perlu keahlian khusus untuk membudidayakan lebah madu klanceng trigona ini. Stup atau kotak kandang lebah triagona cukup diletakan disekitar rumah, dan lebah pun akan terbang mencari makan sendiri hingga menghasilkan madu di dalam stup tersebut.

PT. MBM pun memberikan garansi akan mengganti jika ada bibit lebah yang mati, dengan bibit lebah trigona yang baru tanpa harus membeli lagi.

PT MBM perusahaan kemitraan yang sangat aman nyaman bagi mitra berbeda dengan kemitraan ternak lainya, karena berbadan hukum jelas ada produknya seperti madu, sabun dan kosmetik dan produk ini akan di Eksport ke luar negeri begitu juga akan dipasarkan di pasar lokal,

PT MBM akan menjaga komitmen bersama mitra untuk mengahasilkan madu terbaik dan memberikan keuntungan bagi mitra atau masyarakat yang bergabung bersama kemitraan PT MBM, selain di jawa Khususnya Bandung.

PT MBM terus memperluas jaringan Cabangnya di seluruh Indonesia mulai dari Pulau Sumatera sudah ada cabang seperti Kota Palembang Dan Pekanbaru Riau setelah Sumatera PT MBM juga akan membuka Cabang Lain Di Kalimantan Dan Sulawesi Karena mitra PT MBM sudah banyak di Kalimantan dan Sulawesi.

RELATED ARTICLES

Most Popular