Selasa, April 23, 2024
BerandaBeritaWest Java Heritage Expedition 2015 Dimulai Hari Ini

West Java Heritage Expedition 2015 Dimulai Hari Ini

Destinasi Bandung -Peserta West Java Heritage Expedition 2015 dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari hari ini di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Jawa Barat , Senin (5/10/2015).

West Java Heritage Expedition 2015 adalah program Balai Pengelolaan Cagar Budaya Nilai Budaya dan Sejarah (BPCBNBS) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat akan menggelar Expedisi Situs/Cagar Budaya berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Oktober 2015 ke wilayah Majalengka-Kuningan-Cirebon-Indramayu.

Menurut Nunung , dirinya berharap para peserta ekpedisi yang terdiri atas komunitas, mahasiswa, penggiat, pecinta cagar budaya dan kalangan wartawan, bisa melaporkan secara langsung kondisi cagar budaya yang dikunjungi.

“Mereka bisa memberikan masukan, kritikan, maupun lainnya tentang kondisi cagar budaya terkini. Para peserta bisa menggali nilai-nilai budaya serta tradisi lokal dari berbagai aspek kehidupan saat ini mulai luntur dan nyaris terkikis. Ini berdampak pada melemahnya dan hilangnya nilai luhur pada tatanan nilai budaya. Serta semakin terpinggirkannya nilai budaya serta nilai-nilai kearifan dan tradisi lokal,”ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, masyarakat saat ini sudah tidak peduli terhadap peninggalan serta warisan budaya sehingga perlu kiranya kita sebagai penerus bangsa untuk memulai melakukan kegiatan pemuliaan, melestarikan, memelihara, serta mengembangkan cagar budaya, nilai budaya dan sejarah cagar budaya, untuk semakin ditingkatkan, agar kita dapat mewariskan semua itu kepada generasi muda mendatang.

“Mereka bisa terjun ke masyarakat untuk mengingatkan akan pentingnya cagar budaya untuk kehidupan dan eksistensi bangsa dimasa mendatang,”bebernya.

Warisan budaya tersebut kiranya perlu sekali untuk dilindungi, diletarikan, dikembangkan serta dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan dan pariwisata. Karena dengan dimanfaatkan untuk kepentingan tersebut, kesadaran akan identitas kebangsaan yang saat ini sudah mulai luntur, akan tumbuh kembaku di kalangan masyarakat terutama generasi muda, sebagai penerus perjuangan kita kedepan, serta akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kita berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan expedisi situs/cagar budaya West Java Heritage Expedition ini, dapat membawa kemajuan dan harapan yang lebih untuk peningkatan wawasan, serta memberikan manfaat bagi para peserta sebagai bekal pengetahuan pada kehidupan dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Kawasan expedisi yang akan dikunjungi yaitu ke Museum Talagamanggung Majalengka, Museum Cipari, Museum Linggar Jati, Desa Wisata Cibuntu, Mesjid Sang Ciptarasa, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Kawasan Karangsong, Makam Wiralodra, Jati Tujuh, Kertajati,
Subang. Expedisi ini diikuti oleh sekitar 100 peserta dari kalangan media, komunitas, akademisi, pakar pariwisata, arkeolog,dan arsitek.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular