Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaBeritaBandara Baru Husein Satranegara Bandung Beroperasi Rabu 6 April

Bandara Baru Husein Satranegara Bandung Beroperasi Rabu 6 April

Destinasi Bandung-Terminal baru bandara Husein Sastranegara Bandung siap digunakan untuk penerbangan domestik, Rabu (6/4/2016) pukul 00.00 WIB.

Sementara terminal lama saat ini tengah direnovasi. Selain itu, ada pula pengerjaan pembangunan terminal baru penerbangan internasional.

Untuk sementara, pelayanan penerbangan internasional dilakukan di terminal baru penerbangan domestik hingga sekitar enam bulan ke depan sampai pembangunan terminal baru penerbangan internasional selesai.

“Terminal baru lebih luas dan memiliki daya tampung lebih besar 400 persen dibandingkan terminal lama, dilengkapi collecting conveyor, lift, escalator, cafetaria, gerai cenderamata, dan desain ruangan yang artistik. Ruang tunggunya memiliki 3 pintu sebagai akses menuju pesawat, lebih banyak dari ruang tunggu pada terminal lama, calon penumpang akan lebih leluasa. Kami berharap, adanya terminal baru membuat calon penumpang lebih nyaman,”ujar General Manager PT Angkaaa Pura II Bandara Husein Sastranegara Dorman Manalu.

Lebih lanjut Dorman berharap, semakin baiknya bandara dapat memberikan kontribusi positif terhadap arus jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, khususnya terhadap perkembangan pariwisata. Apalagi, dunia pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam perekonomian Jawa Barat.

“Saat ini kami tengah mengkaji sejumlah permintaan jadwal baru untuk penerbangan domestik dari sejumlah maskapai. Di sisi lain, kami juga berharap kepada sejumlah maskapai untuk membuka rute penerbangan internasional ke Thailand. Semua itu bertujuan meningkatkan jumlah penumpang tahun ini. Target kami tumbuh menjadi 2,5 juta penumpang, lebih tinggi dari jumlah tahun lalu yakni sebesar 2,1 juta penumpang,” kata Dorman.

Adanya rute Bandung-Thailand akan memiliki dampak positif terhadap kunjungan wisatawan internasional, khususnya dari Eropa. Selain itu, ia juga berharap rute baik yang baru diresmikan dan tengah dalam pengkajian akan meningkatkan jumlah penumpang yang melakukan penerbangan domestik.

Menurutnya, permintaan jadwal baru mayoritas merupakan penerbangan dari Bandung ke Surabaya, Denpasar, dan Medan.

RELATED ARTICLES

Most Popular