Jumat, Mei 3, 2024
BerandaBeritaSTP NHI Bandung Gelar The 2nd NTF 2021, Tantangan Industri Pariwisata di...

STP NHI Bandung Gelar The 2nd NTF 2021, Tantangan Industri Pariwisata di Tengah Pandemi

DESTNASI BANDUNG. STP NHI Bandung Gelar The 2nd NTF 2021, Tantangan Industri Pariwisata di Tengah Pandemi. STP NHI Bandung berkolaborasi dengan Universitas Teknologi MARA (UITM) menggelar NHI Tourism Forum (NTF) pada tanggal 7-8 April 2021 dengan konsep webinar yang bertema “The Rebound of New Tourism Era”.

NHI Tourism Forum (NTF) merupakan forum internasional untuk stakeholder pariwisata antara lain Akademik, professional, pemerintahan, komunitas dan media dalam industri pariwisata yang membagikan beberapa topik penelitian, trend pariwisata yang sedang berkembang.

Tema NHI Tourism Forum (NTF) yang diambil sesuai dengan kondisi saat ini dengan harapan seluruh stakeholder pariwisata dapat mengambil bagian berupa kajian ilmiah yang nantinya akan diterbitkan di Jurnal Kepariwisataan (Terakreditasi SINTA 3), Jurnal Barista (Terakreditasi SINTA 4) dan proceeding terindex Web Of Sciences (WoS).

Menurut Ketua STP Bandung Faisal Kasim, MM.Par., CHE, NHI Tourism Forum (NTF) merupakan forum internasional yang diharapkan dapat menjadi referensi yang dapat diaplikasikan untuk pengembangan pariwisata dan bermanfaat positif bagi seluruh stakeholder menjadi dampak langsung maupun dampak ikutan (multiplier effect).

“Kegiatan ini merupakan even reguler yang sebelumnya pernah digelar 2019 dan merupakan forum akademik internasional dalam kaitannya penguatan. Fokus utamanya adalah hasil riset oleh dosen, researcher dan pemerintah untuk bisa exchange dan bekerja dalam akademik komunitas di bidang pengembangan pariwisata dan lingkungan kerja,” jelasnya.

Selain itu, menurut Faisal kegiatan ini juga bertujuan untuk menjawab tantangan dosen dan para peneliti untuk meningkatkan mutu dan kualitas terhadap pelaksanaan riset yang menopang kemajuan perkembangan ekonomi kreatif

Faisal mengatakan dengan ditampilkannya forum internasional, pihaknya berharap riset yang ada tidak hanya menjadi konsumsi nasional tapi juga internasional yang nanti juga akan dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional.

“Acara ini menjadi bagian dalan membangun kolaborasi antar universitas baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk mengupas isu perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi untuk melahirkan dan membangkitkan kembali pariwisata meskipun masih ditengah pandemi Covid 19,”katanya.

Dengan adanya forum ini, faisal menambahkan,
bisa dapat memberikan inspirasi dalam menggerakkan domestik market serta memberikan solusi bagaimana cara berwisata yang sehat di tengah pandemi atau bagaimana cara mengakses destinasi super prioritas yang aman dan tetap menjalankan protokol kesehatan CHSE.

“Saya berharap ke depan STP NHI akan menjadi icon kampus utama yang memiliki nilai jual publikasi yang baik untuk menjadi rujukan akademik forum yang dapat menjawab tantangan isu pariwisata global yang ada, ” katanya.

Sementara itu Chief executive of 2nd NTF 2021, Endah Trihayuningtyas S.Sos MM.Par mengatakan, tema yang diangkat dalam 2nd NTF 2021disesuaikan dengan kondisi saat ini, dimana banyak tempat rekreasi dan hiburan yang memberikan dampak ekonomi terhadap sektor pariwisata mengalami kemerosotan.

Penelitian yang akan dibagikan melalui forum ini memiliki harapan besar yaitu mempercepat geliat pariwisata di era pandemi covid-19.

“Dengan acara ini kami berharap akan timbul kesadaran menulis dan berpendapat sehingga menjadi solusi untuk keterpurukan pariwisata,” katanya.

Sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pariwisata Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A menjadi keynote speaker, pembicara lainnya adalah Faisal Kasim, MM.Par., CHE (Ketua STP Bandung), Dr. Karen Miranda (Institute of Science & Technology, Inc Philippines), Dato’ Dr. Ammar ABD Ghapar (Malaysia Tourism Promotion Board), Prof. David Hind (Asia Pasific Institute for Event Management), Dr. Seleni Matus (George Washington University), Prof. Theodore Benetatos (International Management Institute Switzerland), Dr. H Dani Ramdan, MT (BPBD Jawa Barat).

Kegiatan 2nd NTF 2021 dihadiri oleh 200 partisipan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, diikuti oleh 31 Paper presenter, dan akan di moderator oleh 13 moderator yang akan dibagi menjadi 2 hari.

RELATED ARTICLES

Most Popular