Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaBeritaTim KKN Universitas Padjajaran Gelar Sosialisasi Literasi Digital dan Kebencanaan di Kabupaten...

Tim KKN Universitas Padjajaran Gelar Sosialisasi Literasi Digital dan Kebencanaan di Kabupaten Pangandaran

DESTINASI BANDUNG – Pada hari Rabu, 27 Juli 2022, salah satu tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjajaran telah berhasil mengadakan kegiatan penyuluhan di salah satu MTS yang berada di Desa Pananjung, Pangandaran.

Kegiatan penyuluhan diselenggarakan di Masjid Agung Al-Istiqomah Pangandaranyang dihadiri oleh kurang lebih 150 siswa-siswi MTsN 1 Pangandaran yang terdiri dari perwakilan kelas VII dan IX. Kegiatan tersebut diawali dengan pemberian kata sambutan dari beberapa pihak yang terlibat, di antaranya Drs. H. Ismail Ridwan, M.Pd.I, Kepala Sekolah MTsN 1 Pangandaran dan Dr. Ute Lies Siti selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Pihak tim KKN yang diwakili oleh Bu Ute turut memberikan plakat sebagai tanda cenderamata kepada pihak sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh beberapa mahasiswa dari tim KKN.

Dalam sosialisasi pertama, tim KKN ini mengangkat topik yang bertajuk “Sosialisasi Tentang Geoliterasi Bencana pada Siswa Sekolah di Desa Pananjung”.

Dimana dalam kegiatannya, tim KKN Universitas Padjajaran memaparkan sederet informasi terkait kebencanaan, yaitu mengenai faktor-faktor terjadinya bencana di Indonesia, pengenalan geografis Desa Pananjung, potensi bencana di daerah tersebut, dan upaya pencegahan bencana.

Tak hanya itu, untuk memberikan pemaparan yang lebih komprehensif, diberikan pula penjelasan mengenai Emergency Response Plan (ERP) yang sudah dipasang terlebih dahulu pada ketiga kampus.

ERP tersebut mencakup denah kampus dan serangkaian rencana kegiatan yang harus dilakukan dengan segera dalam keadaan darurat.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta pemahaman kepada para siswa-siswi seputar keadaan geografis lingkungan tempat mereka tinggal dan beraktivitas.

Selain itu, sosialisasi ini dapat dijadikan bekal dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di daerah mereka

Selanjutnya, sosialisasi kedua yakni pemaparan mengenai pentingnya literasi digital. Dimana topik literasi digital yang dibawakan bertujuan untuk memberi pengetahuan dan kecakapan menggunakan media digital.

Dilatar belakangi oleh kemampuan literasi digital di daerah Kabupaten Pangandaran yang masih tergolong rendah, sosialisasi ini hadir untuk menambah sedikit banyaknya edukasi mengenai hal tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini mengangkat topik literasi digital dengan modul “Cakap Bermedia Digital” yang diprakarsai oleh Kominfo, dimana pembahasan sosialisasi tersebut meliputi; (1) Peninjauan lanskap digital, (2) Menjelajahi mesin pencairan informasi, (3) Memahami aplikasi percakapan dan media sosial, (4) Mengenal dompet digital, lokapasar, dan transaksi. Dalam pelaksanaannya, sosialisasi ini dilakukan secara luring

dengan target audiens adalah siswa/i MTsN 1 Pangandaran sebanyak 150 orang. Hal ini dilakukan dengan harapan agar materi yang disampaikan dapat dijadikan sebagai bekal sedari dini bagi anak-anak sekolah menengah pertama agar dapat mengikuti pengembangan media digital yang semakin pesat dan mampu menggunakannya sebijak mungkin.

Diakhir acara, tim KKN Universitsa Padjajaran memberikan bentuk implementasi penggunaan produk digital yaitu E-Book tentang kebencanaan dan literasi digital.

Harapannya, siswa/i MTsN 1 Pangandaran mampu melatih pengetahuan literasi digital yang didapatkan langsung dari E- Book.

Secara tidak langsung, hal ini diperkuat karena mereka akan membutuhkan akses berupa barcode yang juga merupakan produk digital, untuk membuka E-Book tersebut.

RELATED ARTICLES

Most Popular