Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaBeritaDisparbud Jabar Kembali Menggelar Gotrasawala 12-14 Agustus 2016

Disparbud Jabar Kembali Menggelar Gotrasawala 12-14 Agustus 2016

Destinasi Bandung- Disparbud Jabar Kembali Menggelar Gotrasawala 12-14 Agustus 2016 . Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar kegiatan Gotrawasala yang keempat, yang akan diselenggarakan kembali di Cirebon, pada (12-14/8/2016).

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, ke depan kegiatan Gotrasawala ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun, yang penyelenggaraannya pasti waktu dan bulan penyelenggaraannya. Hal ini dimaksudkan agar menjadi agenda budaya dan menarik wisatawan.

“Wisatawan yang datang ke Cirebon nanti akan pasti di bulan Agustus misalnya ada acara Gotrasawala di bulan Agustus,” kata Dedy dalam konprensi pers di Gedung Sate, Rabu (9/8/2012). Selain Wagub, turut memberi keterangan Sektretaris Disparbud Agus Hanafiah dan Ketua Penyelenggara, Franki Raden.

Ditempat yang sama , menurut Sekretaris Disparbud Agus Hanafiah , kegiatan ini bukan hanya semata untuk menarik wisatawan ke Cirebon, kota yang menjadi salah satu tujuan wisata. Namun, katanya, lebih dari itu, kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya pada momen-momen bagus.

“Selama ini, kemungkinan seni budaya itu sudah tak lagi memiliki ruang untuk tampil sehingga pada Gotrasawala ini diberi ruang untuk berekspresi. Tak heran, bila dalam kegiatan ini terjadi kolaborasi seniman lokal dengan seniman luar negeri,”ujarnya.

Sementara itu menurut Ketua Panitia, Franki Raden, kegiatan Gotrasawala merupakan kegiatan festival dan seminar yang menekankan seni budaya pesisir Jawa Barat dalam perspekstif sejarah, masa kini, dan masa mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah yang menampung kreativitas seni budaya di wilayah Jawa Barat, dari masa lampau hingga masa saat ini. Kegiatan ini juga, kata Franki, bertujuan mengangkat seni tradiri tersebut ke panggung internasional.Untuk itu,akan dalam Gotrasawala ini akan dibangun kolaborasi-kolaborasi antara seniman daerah dengan seniman internasional. Pihaknya, kata Franki lagi, telah menjalin kerja sama dengan seniman internasional dari Australia, Afrika, Uzbekistan, dan Korea,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular