Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaTravellingJelajah Nusantara, Yes..!! Its Borneo, Menikmati Keindahan Tempat Wisata dan Kuliner...

Jelajah Nusantara, Yes..!! Its Borneo, Menikmati Keindahan Tempat Wisata dan Kuliner di Pulau Kalimantan

DESTINASI BANDUNG-Jelajah Nusantara, Yes…!!! It’s Borneo Kamis siang selepas zuhur 10 Maret 2022, warna kuning tampak di layar gadget ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses.

Rupanya yellow adalah dresscode pada silaturrahmi mengawali tahun 2022 yang masih dilaksanakan melalui zoomeet.

Pada kesempatan ini yang menjadi host adalah ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses (FGTA) wilayah Kalimantan, dalam laporan ketua pelaksana Yuti Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan perdana jelajah nusantara Yes It’s Borneo dengan tema “Enjoy the Beauty of Nature”, berharap jalan-jalan virtual mengenai keindahan Kalimantan bisa membuka wawasan menambah nilai-nilai kebersamaan dalam rangka mencintai keberagaman nusantara.

Yang sudah pernah berkunjung bisa bernostalgia, dan yang belum pernah bisa punya gambaran mengenai destinasi menarik di Kalimantan.

Operasional Senior Manager Telkom Akses – Kalimantan, Wibowo Pujiantoro yang turut hadir pun menyampaikan bahwa, Kalimantan sangat menarik dengan luas wilayah 743 KM 2, seperti yang sudah diketahui bahwa Pulau Kalimantan disebut juga dengan Pulau Borneo terbagi dengan 5 propinsi: Kaltim, Kalbar, Kalteng, Kalsel dan Kalut .

Kalimantan menyimpan banyak tempat wisata yang nggak biasa, banyak sekali destinasi yang menarik yang bisa dikunjungi.

Dalam Jelajah Nusantara – Yes, It’s Borneo berbagai destinasi dan wisata kuliner serta bagaimana akses menuju lokasi dijelaskan dengan gamblang oleh Mas Isdianto biasa dipanggil mas Anno karyawan Telkom Akses Kalimantan yang hobbynya Travelling dan Photografer.

Mengawali penjelasannya, mas Anno menyampaikan bahwa Kalimantan terdiri dari 3 negara : Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pulau Kalimantan yang juga sering disebut “Borneo” sangat popular dengan keunikan satwa, budaya, kuliner dan kekayaan alamnya.
Tarakan, Mangrove Tarakan dengan hewan khas Kalimantan yaitu Bekantan.

Tarakan juga dikenal dengan kota minyak dan rumah diatas laut. Keindahan adat yang terus dipertahankan yaitu Baley Rumah Adat Tidung Tarakan. Makanan khas Kapah (kerang laut), ini paling nikmat jika dipadukan dengan sambal, lalu disantap sembari ditemani keindahan lanskap Pantai Amal Tarakan.

Maratua berada dalam gugusan Kepulauan Derawan Kabupaten Berau, salah satu pulau terluar di Kalimantan Timur.

Sejak lama Maratua dikenal sebagai tempat wisata bahari yang menampilkan keindahan pantai, Maratua atau juga dikenal dengan Maldives Indonesia dengan air lautnya yang bening.

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu objek wisata air yang berada di Kabupaten Berau, sesuai namanya, air yang ada di danau ini memang terlihat seperti cermin raksasa. Labuan Cermin, danau dengan dua rasa, tawar dan asin. Kepulauan Derawan, keindahan pantai dan wisata bawah laut dengan Hiu Paus .

Pesona Balikpapan, dengan destinasi Bukit Bangkirai , Pantai Kilang Mandiri, Pantai Ambalat adalah tempat rekreasi yang relatif baru di banding pantai-pantai tetangganya seperti Manggar, dan Lamaru .

Apabila sedang berkunjung ke suatu daerah, tidak afdol rasanya kalau tidak membeli souvenir khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh. Jika sedang berada di Balikpapan, silakan datang ke  Kebun Sayur  pusat oleh-oleh khas Kalimantan
Wisata di Banjarmasin – Kota dengan julukan seribu sungai, Banjarmasin menyimpan panorama alam yang indah dan unik.

Lokasinya yang diapit dua sungai yang menjadi aset pariwisata Banjarmasin yakni sungai Martapura dan Sungai Barito. Sudah tahu belum kalau salah satu iklan satsiun TV jaman dulu yang menampilkan pasar terapung dengan ikon nenek mengacungkan jempol OK diambil di pasar terapung ini. Sungai ini adalah tempat favorit wisatawan menghabiskan waktu.

Martapura kental dengan religi. Pulau Samber Gelap , Jembatan Barito – Golden gatenya Indonesia. Bukit Langgara – Loksado, sering terbesit “bamboo rafting” atau lanting bambu,ataupun air terjun Haratai.

Hal itulah yang melekat pada kebanyakan orang kalau mengingat Loksado, Pontianak dikenal dengan Kota Khatulistiwa .

Menyusuri sungai Kapuas dengan kapal wisata. Mesjid Jamik Pontianak dikenal juga dengan Mesjid Sultan Syarif Abdurrahman masjid tertua, Keraton Kadriah dan Mesjid jamik adalah dua penanda awal kota Pontianak.

Rumah Radakng merupakan rumah adat Suku Dayak yang dibangun untuk dijadikan landmark baru di Kota Pontianak, terbuat dari kayu besar dan panjang, megah dan indah dipandang, mempunyai daya tarik sendiri. Memanjakan mata dengan menikmati sunset indah di Khayangan resort – Singkawang.

Kota Pontianak dikenal sebagai kota ‘Seribu Warung Kopi’, Warung kopi Asiang dan , Warung Kopi Aming adalah Warung kopi yang direkomen untuk dikunjungi dan hampir saban hari, semua golongan masyarakat baik tua maupun muda, tumpah ruah di warung kopi ini.

Palangkaraya, Jembatan Khayan struktur megah jembatan ini menjelma sebagai salah satu tujuan wisata di Palangka Raya yang cukup menarik. Taman Nasional Tanjung Putting nggak boleh ketinggalan.

Taman nasional yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah ini menjadi ikon cagar alam dan suaka margasatwa, merupakan salah satu cagar biosfer yang ditetapkan oleh UNESCO. Ada juga Taman Nasional Sebangau. Nah di Palangkaraya ada juga nih makanan yang mirip dengan sayur rebung dikenal dengan sayur rotan .

Di Samarinda, ada sebuah tempat wisata budaya popular yaitu Desa Budaya Pampang. Pada akhir pekan, tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan , pada hari dan jam tertentu diadakan pertunjukan seni di gedung pertemuan desa yang unik berupa rumah adat Dayak dan ukiran khas suku.

Jembatan Mahkota atau dikenal dengan Mahakam Bridge, pulau Kumala wisata Tenggarong yang nyaman untuk keluarga, Kerajaan Kutai,  Museum Mulawarman, dan jangan lupa mencicipi sambal Gami,  yang menjadi kuliner favorit warga Samarinda.

Dan tak terasa hampir tiga jam jelajah nusantara Yes It’s Borneo ini dengan photo-photo dan video yang menarik , serasa kita sudah terbang dan menggembara di Kalimantan, banyak sekali insight yang kita dapat mengenai keindahan alam terutama wisata bahari Pulau Borneo.

Ibu Laksmi KBU, ketua Forsikatel Group Telkom Akses berharap dengan nuansa dan konsep yang berbeda, dengan jelajah nusantara virtual, Ibu-ibu FGTA dapat mengenal tempat wisata , keunikan alam dan adat istiadat serta budaya nusantara.

Semoga dapat menambah wawasan dan mengobati kerinduan untuk berwisata mencintai ragam budaya dan kekayaan alam Indonesia.

“ Semoga acara ini bisa memberi semangat baru dan kebahagiaan utk ibu- ibu FGTA karena kita bisa tetap bersilahturahmi ditengah keterbatasan” ujar Bu Laksmi KBU.

Sebaik-baiknya seorang petualang adalah menjadikan perjalanan sebagai tempat terbaik dan tempat terindah untuk menimba ilmu.
Dunia itu seluas langkah kaki, Jelajahi dan jangan takut melangkah
Sampai jumpa di jelajah nusantara edisi yang akan datang di wilayah lainnya.

Penulis
Rini Dianti Fauzi, S.IP., M.Ikom
Dosen Manajemen, FEB, UNPAM
Anggota aktif Forsikatel Group Telkom Akses

RELATED ARTICLES

Most Popular