Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBisnisSMA Taruna Bakti Bandung Gelar Workshop Pembelajaran hingga Beasiswa Pendidikan di...

SMA Taruna Bakti Bandung Gelar Workshop Pembelajaran hingga Beasiswa Pendidikan di 7 Kampus Ternama di United Kingdom (UK)

DESTINASI BANDUNG– SMA Taruna Bakti membuka peluang bagi siswanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, khususnya di UK, melalui acara Partnership dan Scholarship UK University pada Senin 10 Juni 2024 di Aula Sekolah Taruna Bakti Kota Bandung.

Acara Partnership dan scholarship UK University di SMA Taruna Bakti ini dihadiri oleh tujuh universitas ternama di UK dan diisi dengan presentasi, pelatihan menulis personal statement, dan konsultasi langsung dengan perwakilan kampus.

Selain itu kegiatan Partnership dan scholarship UK University di SMA Taruna Bakti ini bertujuan memperkenalkan kampus-kampus ternama di United Kingdom (UK) kepada siswa kelas X dan XI, serta memotivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, khususnya di UK.

Baca Juga: Dosen UTB Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Canva bagi Guru SDN 232 Blok Sawah Kota Bandung

Dalam acara ini, diperkenalkan tujuh universitas ternama, yaitu City University London, Newcastle University, University of Stirling, University of East Anglia, University of Manchester, University of Exeter, dan Queen’s University Belfast.

Para siswa dan orang tua tampak antusias mendengarkan presentasi mengenai kampus-kampus tersebut.

Selain presentasi, siswa juga dilatih menulis personal statement sebagai salah satu persyaratan beasiswa dan diberi kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan perwakilan kampus.

Asep Gunawan, kepala sekolah SMA Taruna Bakti, menyatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk memberikan informasi dan motivasi kepada siswa mengenai peluang pendidikan di luar negeri.

Baca Juga: Dosen Universitas Teknologi Bandung Kembali Mendapatkan Dana Hibah PDP dan PMP

“Dalam lima tahun terakhir, kami telah melakukan berbagai upaya untuk membuka wawasan siswa terhadap kampus-kampus di luar negeri. Kegiatan ini memfasilitasi siswa dan orang tua untuk mendapatkan informasi langsung dari perwakilan kampus,” ungkapnya.

Asep menambahkan bahwa setiap tahun ada siswa dari SMA Taruna Bakti yang melanjutkan studi ke kampus-kampus ternama di UK, meskipun sekitar 70% siswa masih memilih kampus dalam negeri.

“Kampus-kampus yang diperkenalkan dalam acara ini adalah kampus yang sudah menerima alumni dari sekolah kami. Tahun ini, ada tiga siswa kami yang diterima di UK,” jelasnya.

Salah satu siswa yang diterima di UK adalah Muhammad Rifaldi Arkan, yang saat ini duduk di kelas XI.

Arkan akan melanjutkan pendidikannya di UK mulai September nanti melalui program foundation selama satu tahun.

“Persiapan yang utama adalah nilai sekolah dan tes bahasa Inggris IELTS,” kata Arkan.

Meskipun belum memutuskan universitas mana yang akan dipilih, Arkan tertarik untuk melanjutkan studi di University of the Arts London, khususnya di jurusan yang berkaitan dengan fashion.

“Saya berharap sekolah ini semakin sukses dan dapat memberikan lebih banyak informasi tentang kampus-kampus luar negeri. Semoga ke depannya, kampus dari negara lain juga bisa diperkenalkan, bukan hanya dari UK,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular