Jumat, Mei 3, 2024
BerandaEvent & PromoPeluncuran Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia 'Le Goût de France Cita Rasa...

Peluncuran Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia ‘Le Goût de France Cita Rasa Prancis, j’adore ! dari 12 – 19 Oktober 2023

DESTINASI BANDUNG- Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut français Indonésie (IFI), dan Business France Indonesia, didukung oleh Disciples d’Escoffier Indonesia, untuk pertama kalinya menyelenggarakan Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia, yang bertajuk “Le Goût de France – Cita rasa Prancis, j’adore !

Pada acara Pembukaan dan Konferensi Pers yang telah dilaksanakan pada 12 Oktober 2023 kemarin, Y.M. Bapak Fabien Penone selaku Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN memberikan sambutan dan membuka Pekan Gastronomi Prancis ini secara resmi.

Seperti yang disampaikan Bapak Fabien Penone, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Pekan Gastronomi ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dengan lebih baik keragaman gastronomi Prancis dan mempromosikan pertukaran kuliner dan budaya antara Prancis dan Indonesia.

Baca Juga: Kini Pelanggan Telkomsel dan IndiHome Bisa Reservasi Layanan GraPARI dari Rumah

Seni kuliner Prancis sering kali dikenal melalui restoran-restorannya yang ternama dan eksklusif. Padahal, restoran sejenis bistro dan brasserie, toko-toko roti dan kue, maupun kafe-kafe menawarkan produk-produk dengan harga terjangkau.Gastronomi Prancis juga merupakan masakan keluarga, yang resep-resepnya diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi.

Seperti di Indonesia, keramahtamahan dan kesenangan berbagi, pertukaran dan rasa ingin tahu menjadi inti dari hidangan Prancis. Seni tata boga Prancis oleh UNESCO dimasukkan ke dalam warisan budaya tak benda umat manusia pada tahun 2010.

Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia melibatkan lebih dari 150 restoran dan lembaga-lembaga mitra di seluruh Nusantara, terutama di wilayah-wilayah berikut ini : Jakarta, Bandung, Bogor, Jambi, Seminyak, Denpasar, Sanur, Ubud, Makassar, Medan, Pasuruan, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.Beragam acara akan diselenggarakan, seperti “menu ala Prancis” yang dihidangkan di restoran-restoran mitra, perlombaan, pemutaran film, pertemuan dan diskusi, serta kelas memasak.

Di Bandung, ada 6 resto yang berpartisipasi : Apero Café, The Goodlife, Wheels Coffee&Roasters, Khas Rotiselai, Warung Ubiibu, dan The Dairyman Cheese.

Selain hidangan yang disajikan oleh para restoran partisipan, program pendukung seperti pemutaran film ”Delicieux” dan ”L’Aille ou la Cuisse” serta pameran “Mother of Spice” oleh Hardian Eko Nurseto dan Simon Baudoin yang berkolaborasi dengan seniman Terranova Waksman.

Terakhir, lomba resep Prancis terbaik tingkat nasional telah diluncurkan di Instagram. Lomba ini terbuka bagi siapa saja. Sepuluh orang pembuat video terbaik akan diundang ke grand final yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 19 Oktober 2023.

Pada kesempatan tersebut, dewan juri yang terdiri atas chef-chef dari Prancis dan Indonesia, termasuk Gilles Marx sebagai Ketua Himpunan Murid Escoffier Indonesia, akan menentukan pemenangnya.

Hadiah utama adalah perjalanan ke Prancis, untuk mengenal kuliner khas Prancis (mencakup tiket pesawat pergi-pulang, uang saku, akomodasi untuk satu minggu, dan visa).Restoran yang berpartisipasi, informasi lengkap dan rincian program “Le Goût de France – Cita rasa Prancis, j’adore !” dapat ditemukan di laman www.citarasaprancis.com.

Simak dann follow Artikel Destinasi Bandung Lainnya di Google News

RELATED ARTICLES

Most Popular