Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaEvent & PromoCreative Beverage Competition KKJ-PKJB 2022, Menciptakan Minuman Berbahan Dasar kopi Gunakan Produk...

Creative Beverage Competition KKJ-PKJB 2022, Menciptakan Minuman Berbahan Dasar kopi Gunakan Produk Kearifan Lokal Khas Jawa Barat

DESTINASI BANDUNG-Creative Beverage Competition KKJ-PKJB 2022, Menciptakan Minuman Berbahan Dasar kopi Gunakan Produk Kearifan Lokal Khas Jawa Barat. Saat ini industri kopi berkembang jauh lebih pesat. Hal ini menuntut para pelaku industri kopi untuk bertindak lebih kreatif untuk mempertahankan dan memperluas pasar para penikmatnya.

Manual Brew Community sebagai rumah bersama para penggiat kopi di kota Bandung bersama Bank Indonesia (BI) terpantik dengan adanya fenomena ini. Lalu hadirlah gagasan untuk membuat kompetisi yang dinamakan Creative Beverage Competition 2022, sebagai ajang berkumpul dan beradu keahlian para pecinta dan penggiat kopi.

Menurut Ketua Koodinator Creative Beverage Competition Karya Kreatif Jawa Barat – Pekan Kerajinan Jawa Barat 2022 Emanuela P. Kismadrianti, Creative Beverage Competition yang dilaksanakan bersamaan dengan acara Pekan Kerajinan Jawa Barat, dimana pada Acara Pekan Kerajinan Jawa Barat ini kerajinan UMKM binaan BI yang digelar untuk meningkatkan daya tarik dan daya jual demi memperluas pangsa pasar.

“Dalam rangkaian acara ini terdapat perlombaan lain seperti Fashion Design Competition dengan tema “Eco-Fashion” dan Kompetisi Video Pendek dengan tema “Tradisi, Kuliner, Seni Kriya Kreatif dan Wisata Jawa Barat,”ujar Emanuela.

Pada kesempatan kali ini, Manual Brew Community membuka gerai seduh “Coffee Corner” dimana beragam minuman olah kopi seperti Espresso Based, kopi Manual Brew dan juga Coffee Mocktail akan disajikan selama rangkaian acara berlangsung, yang dibuat oleh para barista berbakat.

Creative Beverage Competition mengangkat tema utama “Cita Rasa jawa Barat”, dimana pada kompetisi ini para peserta ditantang untuk menciptakan minuman yang berbahan dasar kopi dengan menggunakan produk kearifan lokal khas daerah Jawa Barat.

Peserta lomba Creative Beverage Competition terbuka untuk umum, tidak terbatas hanya kepada para penggiat kopi saja.

Para peserta yang mendaftar tidak hanya terbatas pada wilayah Jawa Barat saja, tetapi terdapat beberapa peserta yang berasal dari wilayah provinsi lain, seperti Jakarta.

Adapun teknis perlombaannya, seluruh peserta akan diberikan bahan berupa konsentrat kopi oleh panitia yang kemudian akan dijadikan sebuah karya berupa minuman, dimana peserta tersebut diwajibkan untuk membuat video mengenai pembuatan minuman tersebut, baik itu tata cara pembuatannya serta penjelasan (latar belakang) pembuatan minuman tersebut.

Pada kompetisi kali ini teknik pembuatan video, maupun penjelasan mengenai minuman yang dibuat termasuk ke dalam bobot penilaian oleh dewan juri.

Selain itu, pada tanggal 16 Mei 2022 para peserta akan mempresentasikan minumannya secara langsung dihadapan para dewan juri.

Pelaksanaan Creative Beverage Competition berlangsung selama satu hari, yaitu pada tanggal 16 Mei 2022 bertempat di Trans Convention Center, Trans Luxury-Hotel, Jalan Gatot Subroto No.268, Kota Bandung.

Acara berlangsung sedari pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Adapun juara Peserta lomba Creative Beverage Competition dimenangkan oleh Nizam Pasha Lolowang sebagai juara 1 dan berhak mendaptkan hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta.

Sementara itu juara dua dimenangkan oleh Fahziqri Aulia Mubarak dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp7,5 juta.

Sedangkan Ficky Feriawan Maulana sebagai juara tiga berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta.

RELATED ARTICLES

Most Popular