Senin, Mei 6, 2024
BerandaKesehatanPuasa Aman Untuk Penderita Diabetes

Puasa Aman Untuk Penderita Diabetes

Destinasi Bandung- Asupan makanan bagi penderita gula darah atau diabetes selama puasa harus di perhatikan. Melakukan ibadah puasa untuk penderita diabetes bukanlah halangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berpuasa bagi penderita diabetes seperti pemantauan gula darah. Penderita diabetes lebih bagus mempunyai alat ukur kadar glukosa darah sendiri, agar dapat dilakukan pemeriksaan beberapa kali dalam sehari. Hal tersebut sangat penting pada pasien dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang membutuhkan insulin. Cek juga kadar gula darah sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Selain itu , diet yang seimbang selama bulan puasa dapat mempertahankan massa tubuh yang konstan. Dalam kebanyakan studi, 50-60% individu mampu mempertahankan berat badan mereka selama satu bulan, sementara 20-25% berhasil menurunkan berat badan mereka. Namun kadang-kadang, ada penderita diabetes kehilangan berat badan (> 3 kg). Sebisa mungkin jangan langsung berbuka puasa menyantap makanan yang bebrbentuk karbohidrat dan lemak dalam jumlah besar. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dianjurkan pada waktu sahur, sementara karbohidrat sederhana lebih tepat dimakan pada saat berbuka puasa.

Pada saat berbuka puasa, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, agar tidak terjadi lonjakan glukosa di dalam darah. Penting juga untuk tidak memakan makanan dengan kadar gula yang terlalu rendah, agar kebutuhan gula harian tetap terpenuhi. (Herlambang Septiawan)

RELATED ARTICLES

Most Popular