Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaOtomotifTips Memilih Sepatu yang Aman dan Nyaman untuk Berkendara

Tips Memilih Sepatu yang Aman dan Nyaman untuk Berkendara

DESTINASI BANDUNG– Motor merupakan alat transportasi yang mudah didapatkan dan mudah digunakan. Namun, sebelum berkendara, tentunya harus mempersiapkan beberapa riding gear yang tepat, salah satunya adalah sepatu. Sepatu adalah salah satu riding gear penting yang harus selalu digunakan saat berkendara. Tanpa sepatu, kaki kita tidak akan terlindungi secara maksimal saat terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Sepatu berfungsi melindungi kaki dari telapak sampai mata kaki saat terjadi kontak langsung dengan aspal ketika kita terjatuh atau mengalami kecelakaan. Selain itu, sepatu juga berfungsi sebagai bagian dari gaya pengendara.”

“Dalam berkendara, kita harus memilih sepatu yang ukurannya pas dengan kaki, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu besar. Sepatu yang terlalu sempit akan membuat kita tidak nyaman sehingga mengganggu pergerakan saat bermanuver menggunakan motor. Jika digunakan dalam waktu lama, sepatu yang sempit dapat membuat kaki terluka. Begitu pula, sepatu yang terlalu besar akan terasa tidak nyaman ketika digunakan,” ujar Ludhy.

Baca Juga: Motor Listrik Honda Hadir di AEON Mall Deltamas

Pilihlah sepatu yang menutupi kaki kita sampai ke bagian mata kaki. Sepatu yang baik adalah sepatu yang bisa melindungi semua bagian kaki bawah dan tidak menggunakan tali sepatu. Lebih baik menggunakan sepatu tanpa tali untuk menghindari risiko kaki pengendara tersangkut ke bagian motor saat terjatuh. Namun, jika tidak memungkinkan untuk setiap hari berkendara menggunakan sepatu khusus naik motor, dan kita harus menggunakan sepatu bertali, selalu pastikan tali tersebut dimasukkan ke bagian dalam sepatu untuk menghindari tersangkut ke bagian motor.

Jika kita menggunakan sepeda motor tipe sport, kita bisa menggunakan pelindung sepatu untuk melindungi sepatu dan meningkatkan kenyamanan saat mengoperasikan gigi motor.

Dengan menggunakan sepatu yang baik saat berkendara, bukan berarti kita bisa sepenuhnya terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Kita tetap harus berhati-hati saat berkendara. Namun, menggunakan sepatu dapat mengurangi dampak negatif dari kecelakaan dan meminimalkan risiko cedera pada kaki kita.

Baca Juga: Pebalap Astra Honda Arbi Aditama Siap Taklukan Tantangan Kelas Dunia di GP Catalunya

Menggunakan sepatu saat berkendara merupakan kebiasaan yang harus menjadi gaya hidup setiap pengendara. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perlengkapan berkendara lainnya seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu setiap kali bepergian menggunakan motor untuk selalu #Cari_Aman.

RELATED ARTICLES

Most Popular