Rabu, Juni 19, 2024
BerandaOtomotifTips Berkendara Hemat Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Fazzio, Konsumsi BBM Tembus 100...

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Fazzio, Konsumsi BBM Tembus 100 KM Perliter

DESTINASI BANDUNG– Berkendara dengan sepeda motor jadi kegiatan yang jamak dilakukan saat ini, selain karena praktis dan efisien, sepeda motor juga dikenal gesit, irit dan mudah dikendarai. Bicara mengenai irit, Yamaha kembali mengadakan kompetisi eco-riding untuk menguji seberapa irit konsumsi bahan bakar dari line up Classy Yamaha pada event Clan of Classy di Jakarta pada 19 Mei yang lalu.

Pada event ini para peserta berkesempatan untuk mengendarai Fazzio Hybrid untuk berkelilling Kota Jakarta dengan jarak kurang lebih 80 Km. Selain berkendara dengan Yamaha Fazzio Hybrid, mereka ini juga ditantang untuk melakukan Eco-Ride Challenge. Mereka berlomba untuk mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar paling irit pada Fazzio Hybrid Series masing-masing.

Dengan mayoritas kondisi perjalanan yang relatif lancar, peserta berkendara melewati Jl. Letjen Suprapto, kemudian menuju Barito melalui Jl. Asia Afrika hingga berakhir di salah satu cafe estetik di daerah Matraman. Peserta juga berkesempatan melewati jalur yang banyak digunakan oleh komunitas Sunmori (Sunday Morning Ride) yang terkenal di Jakarta seperti daerah Senayan dan Jl. Dipati Unus.

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu yang Aman dan Nyaman untuk Berkendara

Diluar dugaan salah satu dari peserta Eco Ride Challenge berhasil mendapatkan konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang sangat irit yaitu 102.8 Km/l*. Sedangkan untuk rata-rata hasil pengetesan konsumsi bahan bakar Fazzio Hybrid mencapai 84.4 Km/l*. Metode yang digunakan pada Eco-Ride Challenge kali ini adalah dengan menggunakan metode full to full yang diukur berdasarkan jarak tempuh selama berkendara.

“Untuk memperoleh hasil konsumsi bahan bakar yang irit dibutuhkan konsistensi dalam gaya berkendara. Mulai dari konsisten pada saat buka-tutup gas hingga menahan kecepatan ideal untuk menekan konsumsi bahan bakar berlebih. Pengereman juga punya peran penting dalam berkendara irit bahan bakar. Pada event Clan of Classy minggu lalu saya coba beberapa teknik tersebut dan hasilnya sangat diluar dugaan saya berhasil memperoleh konsumsi bahan bakar yang sangat irit di 102.8 Km/l*.

Hasil ini kembali menunjukan bahwa konsumsi Fazzio Hybrid Series memang sangat irit. Dibalik desain yang unik dan tampilan yang Classy, mesin Blue Core Hybrid pada motor ini mampu menekan konsumsi bahan bakar untuk semakin irit. Blue Core Hybrid dari Fazzio juga dapat membantu akselerasi saat motor membutuhkan momen torsi yang lebih besar. Terlepas dari itu semua hasil ini memang tergantung dari banyak faktor seperti bobot pengendara, pemilihan jalur dan juga gaya berkendara.” tutur Ari, salah satu blogger peserta Eco-Ride Challenge.

Baca Juga: Motor Listrik Honda Hadir di AEON Mall Deltamas

Menilik hasil data konsumsi bahan bakar, memang Ari bisa jadi pemenang Eco-Riding berkat konsistensinya dalam berkendara dengan Fazzio Hybrid pada event tersebut. Berikut beberapa tips untuk berkendara hemat bahan bakar;

1. Hindari berkendara dengan kecepatan dibawah 20 Km/jam. Karena pada kecepatan dibawah 20 Km/jam sepeda motor sedang membutuhkan momentum torsi yang besar untuk mendorong motor dan pengendara.
2. Sebaiknya tidak membuka gas secara spontan. Akan lebih baik jika tuas gas ”diurut” atau dibuka-tutup secara perlahan dan bertahap.
3. Hindari buka tutup gas yang tidak perlu atau secara terus menerus (menggeber motor). Kondisi ini akan mengakibatkan konsumsi bensin akan lebih boros.
4. Hindari terlalu sering menekan rem depan ataupun rem belakang secara mendadak. Sebaiknya jaga jarak saat berkendara untuk menghindari kendaraan lainnya dijalan.
5. Manfaatkan fitur penghemat bahan bakar pada sepeda motor seperti fitur Stop & Start Engine seperti Fazzio Hybrid Series. Fitur dengan sistem otomatis yang membuat mesin stop atau mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan Start atau menyala kembali saat tuas gas diputar.

Fazzio Hybrid Series
Hadir dengan desain yang stylish dan mudah dimodifikasi, Yamaha Fazzio Series bisa diibaratkan seperti ”White Canvas” yang bisa menjadi media untuk penggunanya mengekspresikan diri. Fazzio Hybrid masuk dalam kategori Classy Yamaha, bersama dengan Grand Filano Hybrid. Selain jadi motor favorit pilihan anak muda yang ingin tampil beda, Fazzio Hybrid juga dilengkapi dengan fitur yang up to date seperti mesin Blue Core Hybrid yang memberikan pengalaman berkendara lebih bertenaga, ramah lingkungan dan juga handal. Memiliki fitur Smart Key System yang membuat tampilan pengguna motor ini semakin classy dan stylish. Serta pilihan warna yang menarik menyesuaikan karakter penggunanya, seperti varian warna elegan pada Lux Version dan tampil aktif dengan pilihan warna Neo Version.

Beragam fitur pada Yamaha Fazzio Hybrid dan Grand Filano Hybrid jadi pilihan masyarakat masa kini yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitas dengan tampilan atau design yang menarik. Untuk informasi produk selengkapnya dapat langsung kunjungi website resmi Yamaha Indonesia di www.yamaha-motor.co.id atau kunjungi juga dealer resmi Yamaha Indonesia terdekat di Kota Anda.

*Hasil bervariasi, tergantung dari bobot, gaya berkendara dan kondisi perjalanan.

RELATED ARTICLES

Most Popular