Minggu, Juni 23, 2024
BerandaBeritaDosen UTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Buku Ilustrasi di Ciwidey

Dosen UTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Melalui Buku Ilustrasi di Ciwidey

DESTINASI BANDUNG – Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Bandung (UTB) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Alam Kebon Bagea Ciwidey Kabupaten Bandung pada 19 Mei 2024.

Pengabdian masyarakat ini memiliki judul “Membuka Jendela Dunia Melalui Gambar: Pelatihan Buku Ilustrasi Menggambar Sayuran Untuk Menyampaikan Pesan Pendidikan Gizi di Sekolah Alam Kebon Bagea, Ciwidey Kabupaten Bandung” dan dilaksanakan dalam satu hari

Di era digital ini, penggunaan buku ilustrasi menjadi salah satu alat yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan kepada anak-anak.

Dengan menggabungkan gambar visual yang menarik dengan informasi yang bermanfaat buku ilustrasi dapat menjadi jendela dunia yang membuka wawasan dan pemahaman anak-anak tentang berbagai hal, termasuk pentingnya gizi dan nutrisi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Mahasiswi UTB Raih Medali Perak Bidang Kimia dalam Indonesian Youth Science Competition

Salah satu kegiatan menggambar dan buku ilustrasi dapat memberikan sejumlah keuntungan baaik bagi desainer ilustrasi, penulis juga bagi pembacanya.

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari buku ilustrasi sayuran yaitu Meningkatkan pemahaman anak tentang gizi, Mendorong kecintaan terhadap sayuran, Memperluas pengetahuan tentang sayuran, Simulasi kreativitas dan imajinasi, Pendidikan Gizi yang menyenangkan dan Penguatan Literasi Visual.

Beberapa metode dalam kegiatan dalam pelatihan ini yaitu Pemaparan konsep dan tujuan, Pengenalan Materi, Demonstrasi, Praktek Langsung, Presentasi Hasil dan Evaluasi. Pada pelaksanaan praktek, anak-anak diajak untuk membuat gambar ilustrasi di kertas.

Dalam pengabdian masyarakat ini beberapa dosen yang menjadi pelaksana antara lain Dewi Mustikasari, S.Sn., M.Sn, Dewi Shintya Pratiwi, S.T., M.Ds. Dihadiri juga oleh Tiphanny Aurumajeda, S.Sn., M.Sn selaku Kepala Departemen Program Studi dan Regina Sukma Citra, S.Kom selaku Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat.

Baca juga: Kisah Mahasiswi UTB Lulusan Program Bangkit dengan Predikat Sangat Memuaskan

Tim Dosen juga ditemani oleh Dua Mahasiswa antara lain Anggi Tien Roslyani dan Ratu Maulidina dari Program Studi Desain Komunikasi Visual.

“Dengan terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Alam Bagea diharapkan lebih banyak lagi anak-anak yang memahami berbagai pengetahuan yang bermafaat khususnya melalui buku ilustrasi ini.” tutur Regina Sukma Citra Selaku Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat.

RELATED ARTICLES

Most Popular