Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaHeadlineTempat Wisata di Kawasan Lembang Siap Dibuka Kembali

Tempat Wisata di Kawasan Lembang Siap Dibuka Kembali

Destinasi Bandung- Tempat Wisata di Kawasan Lembang Siap Dibuka Kembali .. Seiring dengan evaluasi PSBB kabupaten Bandung Barat dengan kategori zona 2 atau zona Biru akan menerapkan New Normal atau Adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Dalam menerapkan AKB, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan ujicoba untuk membuka Rumah Ibadah seperti Masjid dan Gereja, setelah evaluasinya berhasil akan disusul dengan Tempat Wisata.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) berencana kembali memberi izin pembukaan obyek wisata di kawasan Lembang seiring dengan penerapan statu Normal Baru. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB David Oot mengatakan, rencana pembukaan masuk dalam tahap pembahasan pemerintah daerah. Namun sebelum kembali dibuka akan ada ketentuan teknis dan panduan khusus berwisata ditengah penerapan new normal.

“Kemungkinan memang seperti itu (dibuka), tapi akan dibahas dulu oleh bupati dengan stakeholder mengenai teknis dan panduannya seperti apa kalau nanti dibuka saat new normal.

Jika nantinya dibuka, maka pihaknya akan memfokuskan dulu obyek wisata alam dan hotel di kawasan Lembang dan daerah lain di KBB sambil melihat perkembangannya selama new normal.

“Kalau dibuka mungkin bertahap karena ada fase-fasenya, untuk awal ini beberapa destinasi wisata dulu jadi tidak langsung semua. Seperti hiburan dan spa tidak dibuka dulu, mungkin wisata alam yang diutamakan,” ujarnya.

Meskipun begitu , saat dibuka nanti, pengelola pun wajib menerapkan protokol kesehatan saat menerima kunjungan wisatawan yang dituangkan dalam perjanjian hitam di atas putih. “Kita bikin lembar perjanjiannya, misalnya wisatawan yang tidak memakai masker tidak boleh masuk, wajib menyediakan hand sanitizer, thermal gun, dan membatasi pengunjung.

Sedangakan untuk hotel, setelah tamu check out, langsung disterilisasi dan dikosongkan 4 jam, baru boleh terima tamu lagi, kalau melanggar nanti bisa kita tutup lagi,” katanya. Pihaknya berharap dengan pembukaan wisata saat era new normal nanti bisa menjadi recovery ekonomi bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 lantaran menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata.

“Otomatis harus jadi recovery ekonomi, karena nanti masyarakat bisa berjualan lagi. Tapi kita juga tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan saat wisata dibuka,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular