Jumat, Juni 28, 2024
BerandaBeritaGempa Tektonik Berkekuatan 4,1 Magnitudo Guncang Sumedang, Pasien Berhamburan di RSUD Sumedang

Gempa Tektonik Berkekuatan 4,1 Magnitudo Guncang Sumedang, Pasien Berhamburan di RSUD Sumedang

DESTINASI BANDUNG-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kembali mengalami guncangan gempa bumi tektonik.

Kejadian Gempa Bumi ini, dengan magnitudo 4,8, terjadi pada pukul 20.34 WIB dengan kedalaman 5 kilometer. Pusat gempa berada di 6,85 derajat lintang selatan dan 107,97 bujur timur, sekitar 2 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang.

Menurut laporan resmi BMKG di Jakarta, guncangan gempa dirasakan oleh warga dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV di Sumedang, skala III di Lembang, skala II-III di Subang dan Bandung, serta skala II di Garut.

Baca Juga: Perayaan HUT Indosiar ke-29 Hadirkan Iwan Fals, Agnez Mo, Putri Ariani, Lesti, JKT48 dan Lyodra

Pada hari yang sama, Kabupaten Sukabumi juga mencatat tiga kali gempa bumi. Gempa pertama terjadi pada pukul 14.35 WIB dengan magnitudo 4,1 dan kedalaman 7 kilometer, gempa kedua terjadi pada pukul 15.38 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,4 dan kedalaman 6 kilometer, sementara gempa ketiga terjadi pada pukul 20.34 WIB dengan magnitudo 4,8 dan kedalaman 5 kilometer.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, mereka juga diminta untuk menjauhi bangunan yang mengalami retak atau kerusakan akibat gempa.

RELATED ARTICLES

Most Popular