Jumat, September 20, 2024
BerandaBeritaUTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Peningkatan Kualitas Identitas Visual sebagai Pembentuk Citra UMKM...

UTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Peningkatan Kualitas Identitas Visual sebagai Pembentuk Citra UMKM di Kota Bandung

DESTINASI BANDUNG – Transformasi digital telah menjadi pendorong utama dalam strategi pemasaran UMKM sehingga kehadiran yang kuat dalam platform digital, termasuk situs web, media sosial dan aplikasi mobile yang sangat penting dalam pembangunan kesadaran merek (brand awareness).

Peningkatan kualitas identitas visual menjadi sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung khususnya dalam menghadapi dinamika ekonomi yang berkembang pesat terutama dalam sektor kreatif dan pariwisata.

Pada tanggal 21 Juni 2024 dosen dan mahasiswa Universitas Teknologi Bandung (UTB) melaksanakan pengabdian masyarakat bersama tatarupa.id di BPPKS Lembang.

Baca juga: Rektor UTB hingga Pembina Yayasan LPPI Sampaikan Pesan untuk Para Wisudawan Angkatan XXI

Tim dosen yang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Agus Malik Ibrahim, M.Ds selaku Ketua Pelaksana dengan Anggota Dosen Fajar Ahmad Faizal, S.Sn., M.M., Hadah Mualimah M.Ds., dan Tiphanny Aurumajeda, M.Sn.

Foto bersama dosen dan mahasiswa Universitas Teknologi Bandung saat melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Lembang. Foto: UTB

Selain itu juga turut melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaan pengabdian ini antara lain Zidan Syamsul Hudaya, Tietan Haptha Dwiki Chandra Kirana, Muhammad Nusyamsi, Budiyana, Deta Ap Alma Dhea Annur dan Rula Abiyya Bilqis, seluruh tim dosen dan tim mahasiswa yang terlibat berasal dari departemen Desain Komunikasi Visual.

Dalam kegiatan ini, tim dosen dan mahasiswa berfokus pada pembentukan citra yang kuat dan konsisten sebagai strategi pemasaran yang penting bagi UMKM.

Baca juga: Dosen UTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan AI untuk Peningkatan Pembelajaran

Hal ini bertujuan untuk membantu UMKM membedakan produk mereka dari kompetitor.

Kegiatan PKM ini merupakan bentuk tindak lanjut dari kerja sama antara Universitas Teknologi Bandung dan tatarupa.id, yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian branding bagi warga binaan.

Hasil dari kegiatan ini termasuk pembuatan logo dan implementasi media bagi UMKM, yang membantu mereka dalam membentuk citra usaha yang lebih profesional dan menarik.

Selain itu, para pemilik UMKM juga mendapatkan pelatihan tentang cara memasarkan produk melalui media yang telah mereka kelola.

Baca juga: Mahasiswi UTB Raih Juara 3 Perlombaan English News Anchor Tingkat Nasional

Dengan demikian, diharapkan UMKM di Kota Bandung dapat lebih siap dan kompetitif dalam menghadapi perubahan dinamis di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata melalui transformasi digital dan peningkatan kualitas identitas visual mereka.

RELATED ARTICLES

Most Popular