Minggu, Mei 5, 2024
BerandaBisnisPengelolaan Keuangan dan Investasi Dimasa Pandemi dalam Kemandirian Ekonomi Difabel

Pengelolaan Keuangan dan Investasi Dimasa Pandemi dalam Kemandirian Ekonomi Difabel

DESTINASI BANDUNG-Mahasiswa dan dosen Unpad menggelar webinar Literasi Keuangan dan Investasi: Penguatan Informasi Mengenai Pengelolaan Keuangan dan Investasi, Sabtu 11 September 2021.

Acara webinar Literasi Keuangan dan Investasi ini diadakan melalui Video Conference dan diadakan untuk mewujudkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tridarma Perguruan Tinggi. Tim Dosen pelaksana PKM terdiri dari Dr. Hj. Hanny Hafiar S.Sos., M.Si , Dr. Yanti Setianti, M.Si dan Priyo Subekti, S. Sos.,M.Si.

Acara webinar Literasi dan Keuangan ini menghadirkan dua orang pembicara utama yaitu, Ike Noorhayati Hamdan, CFP selaku Financial Planner and Advisor IFAC dan Mummad Ikhwan Tariqo selaku owner dari Deka Dekor Shop yang kini memiliki enam karyawan.

Ike selaku narasumber pertama memaparkan bahwa piramida perencanaan keuangan yang mengerucut keatas akan membantu peserta dalam mengatur keuangannya.

Dalam bagian paling dasar terdapat fundamental keuangan yang kuat.

Selanjutnya, terdapat manajemen resiko atau asuransi.

Setelah itu Ike mengarahkan peserta untuk memasuki bagian selanjutnya jika telah memenuhi tahapan sebelumnya yaitu tujuan keuangan yang didalamnya terdapat investasi. Lalu, puncak dari piramida ini adalah meneruskan kesejahteraan.

“Kita harus mengelola mindset agar tidak langsung meloncat ke investasi ketika fundamental masih besar sasak daripada tiang. Kita harus dapat mengelola keuangan sehari-hari secara step by step baru bisa melangkah ke tahap invetasi, “ujar Ike.

Sedangkan Ahmad Ikhwan Tariqo atau lebih dikenal dengan Mas Riqo menjelaskan mengenai praktik dari menggunakan investasi.

Mas Riqo menuturkan bahwa kini financial product untuk berinvestasi mulai ramah bagi teman-teman disabilitas.

“Namun, kini berkat bantuan dari berbagai komunitas difabel, berbagai perusahaan financial mulai terbuka bagi masyarakat disabilitas “ujar Mas Riqo.

Selain itu, Mas Riqo berbagi pengalamannya dalam berinvestasi menggunakan berbagai macam investasi digital.

Beliau juga memaparkan bahwa financial planning sangat penting bagi seorang enterpreuneur.

Berbagai tips-tips mengenai pengelolaan keuangan dituturkan beliau dalam webinar ini.

Webinar Literasi Keuangan dan Investasi dihadiri oleh 38 peserta.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong teman-teman difabel untuk melakukan pengelolaan finansial dan investasi secara tepat di masa pandemi.

Dengan kehadiran dua narasumber sesuai bidangnya, acara ini berlangsung dengan lancar.

RELATED ARTICLES

Most Popular