Minggu, Mei 5, 2024
BerandaEvent & PromoSTT Bandung Sukses Menyelenggarakan Exodus Branding UMKM Exhibition

STT Bandung Sukses Menyelenggarakan Exodus Branding UMKM Exhibition

Destinasi Bandung – STT Bandung Sukses Menyelenggarakan Exodus Branding UMKM Exhibition. DKV (Desain Komunikasi Visual) STT Bandung menggelar pameran dengan judul “EXODUS BRANDING UMKM EXHIBITION”, pada 24-26 Februari 2022.

Pameran Exodus ini merupakan sebuah simulasi kecil dan capaian selama satu semester dari Studio Desain Komunikasi Visual III (Branding Design), Videografi II dan terintegrasi dengan mata kuliah Teknik Pameran.

Pameran ini menjadi titik awal mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Teknologi Bandung angkatan 2019.

Kegiatan ini diharapkan menjadi bekal penting dalam mendesain, mengorganisasi, serta menyelenggarakan sebuah pameran branding secara sistematis dan terstruktur dalam ruang maya sehingga memiliki kebermanfaatan baik secara keilmuan maupun bagi masyarakat yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.

Acara ini dihadiri sejumlah dosen STT Bandung, diantaranya Eko Bambang Wisnu N, S.Sn., M.Sn @ekobambangwisnu (Dosen pengampu mata kuliah Teknik Pameran DKV STT Bandung) yang bertindak sebagai Kurator sekaligus penanggung jawab dari rangkaian acara.

Beliau menyampaikan bahwa Pentingnya sebuah pameran agar sebuah karya itu dianggap ada.

Beliau juga menyinggung perihal brand-brand ternama yang konsisten terhadap brandingnya, sehingga mahasiswa harus dilatih untuk membangun persepsi yang baik untuk hal branding tersebut karena karya yang telah dibuat menjadi pertanggungjawaban di publik.

“Apa yang mereka buat, yang mereka pertanggungjawabkan untuk publik” ujar Pak Eko dalam sambutannya.

Dalam kesempatan kali ini, Hadianto, SE selaku Kepala Program Studi DKV STT Bandung mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Mahasiswa DKV STT Bandung yang sudah menggelar pameran ini.

Beliau pun memberi semangat kepada para Mahasiswa. “Jangan menyerah dan terus berkarya” Ujar beliau.

Acara pembukaan Exodus dibuka secara resmi oleh Bapak Danny Aidil Rismayadi S.SI., M.Kom, sebagai pertanda bahwa Pameran Exodus Branding UMKM Exhibition resmi dan siap dilaksanakan.

“Dengan mengucapkan Bismillaahirrahmaanirrahiim Pameran Exodus 2022 dibuka” kalimat yang beliau ucapkan sebagai pertanda dibukanya acara tersebut.

Acara selanjutnya adalah ditampilkannya karya-karya mahasiswa DKV STT Bandung yang sangat kreatif dan keren yang dapat di akses melalui forum online yaitu “Kunstmatrix Virtual Gallery”.

Pameran dengan ketua panitia Alif Rizky menampilkan 24 karya Branding mahasiswa DKV STT Bandung, produk yang mereka branding pun berasal dari berbagai jenis, seperti makanan, pakaian ( baju anak, batik, hoodie, jacket, celana, tshirt dan lain-lain), aroma terapi, buku dan lain sebagainya.

Untuk mengunjungi pameran ini secara virtual atau online dapat diakses melalui link berikut: https://tinyurl.com/ExodusVirtualGallery atau bisa mengunjungi link di bio Instagram Exodus, yaitu @exodus_exhibition.

Selain bisa melihatnya, kita sebagai penikmat hasil karya juga berkesempatan memilih atau vote satu karya terbaik menurut kita.

DKV Gobred Award bisa diakses melalui link yang berada di Bio Instagram exodus tersebut.

Setelah Exodus resmi dibuka, acara berlanjut pada pukul 13.00 WIB yaitu Webinar “The Power of Branding” dengan speaker, Harizal, ST selaku Founder Brand Kailoka dengan moderator Ibu Hadah Mualimah, M.Ds yang merupakan Dosen DKV STT Bandung.

Harizal memaparkan sejumlah poin penting dalam sebuah branding, beliau menjelaskan tentang apa itu branding serta menyebutkan bahwa Branding merupakan janji agar seorang customer mengingat apa yang usaha atau jasa kita tawarkan.

Beliau menyampaikan betapa pentingnya sebuah brand bagi setiap produk, karena dengan branding, sebuah produk akan memiliki kekuatan serta sebuah Brand harus memiliki Visi dan Misi, Value dan Brand Identity.

Beliau menekankan bahwa, ketika kita mendapat orderan brand sebaiknya ada surat penyerahan hak komersial.

“Pastikan ketika mendesain atau menjual karya desain atau mendapat orderan brand harus ada surat penyerahan hak komersialnya” ujar beliau dalam pemaparan materinya.

Di akhir acara, Harizal sebagai Founder Brand Kailoka, mengungkapkan bahwa branding Kailoka sendiri sudah melalui research yang panjang, tidak hanya sekejap saja.

Acara Exodus berlanjut pada 25 Februari 2022 pukul 13:30 WIB, yaitu webinar “Brand Voice Matter” dengan speaker Shani Nur M (Co-Founder Dassein Design Bureau) dan moderator Hadianto, SE. (Dosen DKV STT Bandung).

Dalam pembawaan materinya, Shani memaparkan banyak point bahasan mengenai branding, diantaranya mengenai pentingnya Perasaan, pengalaman dan kesan untuk konsumen memilih sebuah brand sebuah produk.

Dalam kesempatan kali ini, beliau juga membandingkan beberapa brand produk, diantaranya produk pasta gigi, minuman, makanan dan lain sebagainya.

Ketika membandingkan hal tersebut beliau menyampaikan bahwa tampilan brand produk membuat persepsi terhadap masyarakat dan menyampaikan bahwa setiap produk harus memiliki sebuah pasar target, misal dari segi umur dan lain sebagainya.

Selain itu produk juga harus memiliki iklan dan logo branding yang bagus untuk membuat target percaya.

Shani menyampaikan bahwa dalam sebuah branding terdapat kesulitan dalam mempertahankan Value Brand, Build Trust dan Tetap konsisten.

“Yang sulit ialah bukan saat pertama kali merancang sebuah brand, tapi mempertahankan Value Brand, Build Trust dan tetap Konsisten. Untuk apa? Agar Brand Equity kita dikenal Baik oleh masyarakat luas”

Beliau juga memaparkan tentang Apa yang orang lain katakan dan orang nilai Tentang Kita (Branding).

“Apa yang orang lain katakan dan orang nilai Tentang Kita? Apakah brand kita lebih ramah dibanding yang lain? Apakah brand kita terpercaya dibanding yang lain? Apa yang buat Brand kita lebih laku dari yg lain?” ujar beliau.

Di sesi tanya jawab, peserta webinar sangat aktif bertanya, berbagai pertanyaan hadir yang tentunya seputar branding.

Ada yang menanyakan mengenai tips and trik dan juga meminta pendapat dari Shani mengenai problem peserta webinar. Sabtu, 26 Februari 2022.

Acara Exodus Branding UMKM Exhibition resmi ditutup, dalam acara penutupan exodus kali ini dihadiri sejumlah Dosen STT Bandung dan Mahasiswa Program Studi DKV STT Bandung.

Dalam acara ini, Bambang selaku Kurator acara Exodus 2022 menyampaikan beberapa hal penting seputar pameran branding seperti yang sudah dilaksanakan, diantaranya beliau menyebutkan bahwa pameran ini sebagai aktivasi branding yang sudah dibuat.

Beliau menekankan bahwa penutupan acara Exodus ini bukanlah akhir “Penutupan ini bukan sebagai pembubaran, karena kalau udah pembubaran bubar gitu aja” ungkapnya.

Acara resmi ditutup oleh Hadianto selaku Kepala Program Studi DKV STT Bandung.

“Dengan ini pameran Exodus 2022 resmi ditutup” ujar beliau.

Hadi juga menyampaikan terima kasih kepada segenap penyelenggara yang sudah berpartisipasi dalam acara tersebut.

Diakhir acara, DKV Gobred Award diumumkan dengan hasil sebagai berikut:

– Branding Terfavorit diraih oleh branding ROAR yang merupakan karya branding dari Aldi Wiguna

– Branding Terbaik diraih oleh 3 karya, yaitu: . Wolly Dolly yang merupakan karya dari kelompok, yang beranggotakan Aulia Ainun, Ghina Nafyila, Putri Gabril, Muhammad Hisyam dan Tiara Kharisma.

Pelangi Soft Ice Cream yang merupakan karya dari Salwa Fairuz Athaya . Ilmy Fashion yang merupakan karya dari Sukma Wisnugraha.

RELATED ARTICLES

Most Popular