Minggu, Mei 5, 2024
BerandaEvent & PromoKartini Masa Kini , Perempuan Berdaya, Adaptif dan Berwawasan

Kartini Masa Kini , Perempuan Berdaya, Adaptif dan Berwawasan

DESTINASI BANDUNG-Kartini Masa Kini , Perempuan Berdaya, Adaptif dan Berwawasan.

“Wahai ibu kita Kartini ,putri yang mulia ,sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia” demikianlah sepenggal bait dari lagu Ibu Kita Kartini. Hari Kartini diperingati sebagai kebangkitan bagi perempuan untuk memperoleh ruang gerak agar berdaya dengan berbagai pilihan peran.

Beliau sangat memberikan makna untuk perempuan zaman modern. Dalam kesempatan ini pada Kamis 21 April 2022 Ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses memperingati Hari Kartini secara virtual dengan tema “Kartini Masa Kini , Perempuan Berdaya, Adaptif dan Berwawasan” .

Tampak dilayar monitor ibu-ibu FGTA dari seluruh Indonesia mengunakan dresscode dengan warna-warna pastel dan lembut menyimak acara yang berlangsung.

Baca Juga:Sajian Menu Bukber All You Can Eat 30 Hotel di Bandung Tahun 2022, Ini Daftar Harga Promonya

Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow interaktif ini memunculkan Srikandi Srikandi PT. Telkom Akses yaitu, Ibu Panca Susilowati, ST – OVP Construction Supervision Broadband Access dan Ibu Novita Elfiani, SE – VP Finance Operation.

Duo Srikandi menyampaikan bahwa tidak mudah juga untuk bisa berada pada titik ini yaitu menjadi senior leader di lingkungan kerja yang mayoritas adalah pria, karena perlu perjuangan, kerja keras dan ilmu yang harus terus di gali.

Beruntung lingkungan kerja Telkom Akses tidak membedakan ras , gender dan hangat menerima keberadaan Duo Srikandi ini.

Dan ini diartikan mereka sebagai challenge untuk terus mengasah dan memperbaharui kompetensi dan juga menjalani networking yang bagus.

Beberapa tips yang disampaikan oleh Duo Srikandi tersebut untuk terus dapat membalance antara menjalani peran sebagai ibu dan wanita karier adalah : Disiplin, kemauan yang kuat, membuktikan bisa melakukan multiperan sebagai wanita pekerja, ibu dan istri dalam rumah tangga, “ini harus dibuktikan bahwa kita mampu”, Manajemen waktu dan menata hidup , prioritas memilih mana yang urgent, focus, membangun support system baik di keluarga ataupun dilingkungan kerja, Switch peran. Menjalin hubungan yang baik dengan komunitas. Menjaga kepercayaan keluarga.

Baca Juga:Kunjungi 7 Tempat Wisata Bandung Berlokasi di Ciwidey, Lembang dan Pangalengan, Cocok untuk Healing Ramai-ramai

Multiperan dimaknai mereka dengan menempatkan sesuai pada tempatnya , memprioritaskan dan bekerja secara professional. Melakukan tugas dan peran secara proporsional. Memberikan manfaat bagi orang banyak .

Dalam dunia kerja pun, Duo Srikandi ini juga memberi ruang dan kesempatan bagi perempuan-perempuan dilingkungan kerja dengan motivasi untuk meningkatkan kompetensi untuk mengembangkan karier, menjadi role model , membuat suasana nyaman dikantor , happy everyday.

Role model dari Duo Srikandi ini adalah orang tua/ Ibu yang senantiasa menanamkan nilai- nilai seperti integritas, jujur , kemandirian , dan support untuk terus menuntut ilmu .

Di era digitalisasi saat ini maka wanita pun harus adaptif menggunakan tehnologi untuk hal-hal yang bermanfaat. Era informasi , memudahkan , memberi manfaat dan kemanfaatan seperti ngaji online, cooking class selain webinar dan aktivitas kantor.

Harapan dari Duo Srikandi ini agar bisa membawa perubahan untuk orang-orang disekitar dan bagaikan air yang selalu bisa menyesuaikan diri pada wadah dimanapun di tempatkan.

Dan juga mengutip Quote dari RA Kartini bahwa Sampai kapanpun, kemajuan perempuan itu ternyata jadi faktor penting dalam peradaban bangsa.

Baca Juga:10 Tempat Wisata Favorit di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi, Serunya Liburan Bareng Keluarga

Talkshow yang mengalir dengan santai , seru dan sangat inspiratif sekali, tak terasa sampai di sesi tanya jawab, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk di kolom chat, seperti : Bagaimana membagi waktu , menjadi sukses di keluarga dan pekerjaan, bagaimana menjadi pribadi inspiratif dan kuat , dll.

Peringatan hari Kartini kali ini memerdayakan perempuan-perempuan di lingkungan kerja Telkom Akses dan FGTA dalam rangkaian acaranya , dimana menampilkan Srikandi-srikandi FGTA dari berbagai profesi seperti : Bankers, Dosen, Wirausaha, Berkarier di BUMN / instansi pemerintah, Ibu Rumah Tangga, Dokter hewan dll. Srikandi FGTA yang berprofesi di dunia perbankan menganalogikan sosok Kartini sebagai ATM, amati , tiru dan modifikasi .

Dunia membutuhkan wanita yang kuat. Wanita yang akan mengangkat dan membangun orang lain, yang akan mencintai dan dicintai. Wanita yang hidup dengan berani, baik lembut dan tegas. Wanita yang kuat, tangguh, dan tidak kenal rasa lelah mungkin itulah yang mengambarkan sosok warrior Telkom Akses.
FGTA mengapresiasi dan memberikan Tribute untuk Kartini tangguh di lingkungan kerja TA , yang menjadi tulang punggung bagi keluarga.

Para Kartini Tangguh warrior TA ini adalah Helpdesk, Team Leadaer , Staff Project Adm dan Control, yang terkadang harus berjibaku untuk turun ke lapangan menyelesaikan gangguan pelanggan. Ini mereka lakukan secara professional sebagai wujud dari core value AKHLAK.

Baca Juga:4 Tempat Wisata Paling Eksotis di Ciwidey 2022, yang Mau Healing Wajib ke Sini

Semoga bakti Kartini tangguh warrior TA sebagai anak, istri, ibu, dan juga loyalitas serta tanggung jawab sebagai seorang karyawan dijalani dengan ikhlas dan lancar .

Tidak meninggalkan kodrat sebagai wanita menjunjung budaya nasional di wujudkan dan lomba fashion show dengan pakaian Kebaya nasional. Yang diikuti oleh Ibu-ibu FGTA dari 7 regional dan juga perwakilan direktrorat.

Penampilan cantik ibu-ibu dengan kebaya nasional yang dipadu dengan kain dari masing daerah, ada songket Sumatra, batik dan alunan ,musik khas daerah pun mengiringi langkah kaki ibu-ibu dalam fashion show

Ketua Panitia Hari Kartini , Ibu Ira Susatyo, mengucapkan terimakasih atas Kerjasama panitia yang solid dan juga partisipasi dari para peserta yang hadir di Zoom sehingga acara bisa terwujud dan beliau berharap bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini.

Dalam sambutannya ketua Forsikatel Grout Telkom Akses, Ibu Laksmi KBU, menyampaikan buah dari pemikiran RA Kartini menjadi landasan kaum wanita dalam kesetaraan sosial untuk terus berkiprah mengembangkan diri.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah : Agar Ibu-ibu FGTA mempunyai semangat emansipasi, adaptif dan berwawasan tanpa meninggalkan kodrat sebagai wanita.

Selamat Hari Kartini untuk semua wanita Indonesia, menjadi api yang tak pernah padam dan selalu bersinar dengan terang.

Tantangan datang silih berganti, tapi percayalah habis gelap terbitlah terang.

Inspirasi Kartini tak lekang oleh waktu, selalu menginspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia dari generasi ke generasi.
Terima kasih Kartini untuk warisan semangat juang dan pemikiran cemerlang. Saatnya kita lanjutkan perjuangan.
Selamat Hari Kartini
———————————–

Penulis : Rini Dianti Fauzi, S.IP., M.Ikom
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAM
Anggota aktif Forsikatel Group Telkom Akses

RELATED ARTICLES

Most Popular