Senin, Mei 6, 2024
BerandaEvent & PromoSeptember Ceria Forsikatel Group Telkom Akses

September Ceria Forsikatel Group Telkom Akses

DESTINASI BANDUNG-September Ceria Forsikatel Group Telkom Akses. Bulan September biasa dikenal dengan September ceria, sebagai penggalan dari lirik lagu lawas yang populer dibawakan Vina Panduwinata dan masih populer hingga kini.

Dan keceriaan itupun mewarnai pertemuan rutin ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses pada Kamis siang 16 September 2021.

Gelak tawa dan sapa bahagia tampak dilayar monitor gawai Ibu-ibu, karena silaturrahmi ini masih berlangsung secara virtual.

Kehadiran 195 partisipan, ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses dari seluruh Indonesia yang terdiri dari tujuh regional.

Bahkan ada peserta yang dari ujung timur Indonesia dari Papua, Pare-pare, Kalimantan dan Kawasan Timur Indonesia.

Penyelenggara kegiatan rutin kali ini adalah Ibu-ibu yang tergabung dalam Directorat Construction.

Ada dua agenda dalam pertemuan ini yaitu , Talkshow mengenai kanker Serviks dan juga pengumuman pemenang lomba 17 Challenge.

Erma Aris sebagai ketua pelaksana mengatakan bahwa tema talkshow ini karena kekhawatiran dengan tingginya angka kanker serviks di Indonesia dan juga tingkat kematian yang cukup tinggi.

Informasi pencegahan yang belum menjadi perhatian perempuan di Indonesia, hal inilah yang mendasari untuk mengadakan talkshow ini.

Berharap nanti Ibu-Ibu bisa mendapatkan informasi dan juga insight mengenai pencegahan kanker serviks sejak dini dan kemudian melakukan tindak lanjutnya dalam wujud nyata melalui vaksin Human papillomavirus (HPV).

Ketua Forsikatel Group Telkom Akses, ibu Laksmi Ketut Budi Utama dalam sambutannya mengatakan walaupun pertemuan secara virtual tapi tidak mengurangi makna silaturrahim.

Dengan adanya acara ini bisa memberikan edukasi, pengetahuan dan wawasan untuk peduli Kesehatan, dan ibu-ibu menjadi bagian Wanita Indonesia Sehat dan Bebas dari Kanker Serviks.

Dalam talkshow Waspada Kanker Serviks : Kenali dan Cegah Sejak Dini, narasumber dr. Irma Savitri Ch Rasjad, SpOG(K)Onk, M.kes.

Beliau menjelaskan bahwa kanker serviks adalah kanker pada leher rahim yang disebabkan oleh infeksi Human papillomavirus (HPV ) yang cenderung menyerang pada wanita.

Berdasarkan data yang didapat maka 8 dari 10 perempuan dan pria akan terinfeksi HPV. Faktanya : Setiap jam, 2 perempuan meninggal karena kanker serviks di Indonesia.

Ketika seorang perempuan terinfeksi HPV tipe tertentu dan sistem imum tubuh tidak berhasil membunuh virus tersebut , maka HPV dapat mengakibatkan sel didaerah serviks menjadi abnormal.

Apabila tidak terdeteksi atau diobati secara dini , maka akan berkembang menjadi pra kanker, secara bertahap menjadi kanker.

Kanker Serviks paling banyak mengenai perempuan usia 36 – 55 tahun
Upaya yang dilakukan untuk mencegahnya adalah rajin papsmear dan melakukan vaksin.

Vaksin HPV dapat diberikan kepada perempuan dan laki-laki mulai dari usai 9 tahun. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Antusias peserta pun tampak terlihat dari kolom chat tanya jawab.

Apakah perokok pada wanita menjadi pemicu kanker serviks, bagaimana dengan perokok pasif karena pasangan/ suami yang perokok apakah beresiko ?

Apakah keputihan yang terus menerus dan berbau berpontensi kanker serviks ?

Apakah penggunaan IUD bisa menyebabkan timbulnya kanker serviks ?

Setelah berakhirnya Talkshow dengan pemberian hadiah bagi yang yang aktif bertanya maka acarapun dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba 17 Challenge .

Selalu jaga semangat patriotism, bersinar dalam dirimu, banggalah menjadi Indonesia.

Luar biasa sekali kreativitas dan partisipasi dari Ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses seluruh Indonesia dalam perlombaan 17 Challenge dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 76.

Tiga kategori lomba dalam 17 Challenge yaitu Tiktok, Potret Kreativitas dan Potret Merdeka

Satu lagi bukti bahwa pandemi bukan penghalang untuk menghasilkan karya nyata yang indah , terlihat dari kreativitasnya ada yang baca puisi , senam, tarian dll

dari 27 peserta Tiktok Betapa totalitasnya ibu-ibu berkreasi dalam Potret Kreativitas dengan 39 peserta , aneka hidangan yang mengugah selera , painting wajah, ada pernak pernik lucu .

Bagaiamana cintanya Ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses dalam Potret Merdeka dengan kostum , dandanan serta atribut dgn nuansa kemerdekaan yang diikuti oleh 48 peserta.

Totalitas ibu-ibu menghasilkan karya dalam tiga kategori lomba membuat berdecak kagum melihatnya dan juga membuat juri berpikir keras serta memutar otak untuk menentukan para juaranya.

Dan akhirnya terpilihlah para juara masing-masing kategori lomba yaitu juara 1,2,3 dan jura juara harapan 1,2,3 dan mendapatkan hadiah menarik.

Semua peserta sudah memberikan karya terbaik dan turut berpartisipasi oleh karena itu hadiah hiburan pun diberikan untuk semua peserta lomba.

Selain itu juga ada peserta favorit hasil polling dari ibu-ibu anggota group Forsikatel Group Telkom Akses yang bersifat umum bebas dan rahasia, dan kemudian juga ada kategori peserta ter Unik .

Selamat kepada pemenang ……

Binatang besar namanya gajah
Kalau bebek kelompok unggas
Tetap gigih pantang menyerah
Untuk menang harus kerja keras

Nah sudah terbukti dengan antusias dan semangat untuk berpartisipasi dari Ibu-ibu Cantik Forsikatel Group Telkom Akses dalam Merah Putih Challenge .

Aktivitas dan infomasi kegiatan Ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses ini bisa di lihat dan diakses di Media Sosial, yaitu FB : forsikatelgroup telkom akses, IG :forsikatel group telkom akses

Tak terasa dari siang sampai sore lebih kurang hampir 180 menit kebersamaan ini berlangsung secara virtual dan ibu-ibu pun tetap bersemangat dan ceria.

Sebagai penutup dari kegiatan ini Ibu Laksmi KBU memberikan closing statement sebagai berikut :
Tetap semangat dan kompak , terimakasih atas support, partisipasi dan antusiasnya Ibu-ibu Forsikatel Group Telkom Akses sehingga acara berjalan lancar sesuai dengan spirit kemerdekaan.

Terus berkarya dan kembangkan kreativitas.
Teruslah kreatif
Teruslah aktif
Hidup indah dalam berkarya

Penulis : Rini Dianti Fauzi, S.IP, M,Ikom
Anggota Forsikatel Group Telkom Akses
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Pamulang.

RELATED ARTICLES

Most Popular