Selasa, April 23, 2024
BerandaOtomotifPentingnya Perawatan Kick Starter Pada Sepeda Motor Matik

Pentingnya Perawatan Kick Starter Pada Sepeda Motor Matik

DESTINASI BANDUNG– Sepeda motor matik pada umumnya dilengkapi dua macam perangkat starter untuk menyalakan mesin. Ada yang hanya memiliki satu sistem start yakni electric saja ada juga yang menggunakan dua jenis starter yaitu electric dan kick starter. Untuk beberapa sepeda motor matik Honda juga ada yang masih menggunakan kick starter.
 
Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Merawat kick starter pada sepeda motor matik menjadi suatu keharusan, tentunya untuk membuat perangkat ini selalu dalam kondisi prima terutama saat akan digunakan. Perawatannya pun cukup mudah, bahkan sama dengan komponen lainnya kick starter harus selalu dijaga kebersihannya.”
 
“Terutama saat mencuci atau sering terkena lumpur dan air hujan. Bagian Kick Starter pada sepeda motor matik ini tentunya harus selalu bersih dan bebas kotoran,” ujar Ade.
 
Dan walaupun jarang digunakan, bagi pemilik sepeda motor matik yang memiliki fitur kick starter harus sering digunakan, misalnya ketika akan menyalakan sepeda motor di pagi hari. Cukup dengan menggunakan standar tengah lalu, sesekali menyalakan sepeda motor.
 
Supaya bagian kick starter selalu ada pergerakan dan di bagian dalam komponen perangkat tersebut selalu bekerja dengan baik. Kemudian, ketika melakukan service rutin terutama di bagian komponen CVT. Maka di bagian dalam perangkat kick starter jangan lupa untuk dibersihkan dan dicek oleh mekanik apakah ada kendala atau tidak ketika digunakan.
 
Bisa cek, ketika diselah. Apakah berjalan normal. Jika terkendala seperti seret, keras ketika diinjak atau sebaliknya seperti ngelos dan tidak bisa kembali maka terdapat masalah di beberapa komponen di dalamnya.
 
Jika terdapat masalah, maka segera kunjungi bengkel resmi atau AHASS terdekat untuk melakukan service dan perbaikan. Untuk menjaga dan merawat semua komponen sepeda motor tetap terjaga prima.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular