Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaWisata10 Wisata di Ciwidey Bandung Cocok untuk Healing di Akhir Pekan Bersama...

10 Wisata di Ciwidey Bandung Cocok untuk Healing di Akhir Pekan Bersama Keluarga

DESTINASI BANDUNG -Kawasan Ciwidey kini menjadi tempat wisata di Bandung paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Hal tersebut karena pemandangan alam tempat wisata Bandung di Ciwidey masih sejuk dan asri.

Terlebih saat pagi hari maupun sore hari kabut tebal akan turun di tempat wisata Bandung khususnya Ciwidey.

Baca Juga:10 Tempat Wisata Bandung Terbaru Tahun 2022 yang Paling Favorit dan Banyak Dikunjungi Wisatawan

Tidak salah apabila destinasi wisata di Ciwidey menjadi destinasi favorit untuk berlibur baik bersama keluarga, teman, maupun solo traveling.

Penasaran ada apa saja di kawasan wisata Ciwidey Kabupaten Bandung, Inilah rekomendasinya

Kawah putih Ciwidey/IG@kawahputihofficial
1. Kawah Putih

Kawah Putih Kawah putih seolah menjadi ikon wisata Ciwidey, sehingga kurang lengkap jika tak menyambangi obyek wisata satu ini. kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Daya tarik Kawah Putih adalah danau dengan air berwarna putih kehijauan. Danau ini dikelilingi hutan eksotis yang menambah keindahan di tempat tersebut.

Baca Juga:Ayo Wisata ke Bandung, Ini Dia Rekomendasi Tempat Healing Paling Hits dan Populer Minggu Ini

Ada sejumlah spot foto Instagramable yang bisa dijajal wisatawan untuk mengabadikan momen. Antara lain, dermaga kayu yang menjorok ke danau dan jembatan bambu bernama Skywalk Cantigi.

Selain itu, wisatawan bisa berfoto dari salah satu bukit yang ada di sekitar Kawah Putih yakni Sunan Ibu. Dari puncak bukit ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Kawah Putih serta panorama sunrise.

7 Tempat Prewedding di Bandung Dengan Nuansa Alam yang Mempesona, Berikut Harga Tiket Masuk dan Lokasinya. Foto: instagram@situpatenggang
2. Situ Patenggang

Wisata Ciwidey hits lainnya adalah Situ Patenggang yang berada di kaki Gunung Patuha. Tepatnya di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Situ Patenggang merupakan danau seluas 48 hektar yang berada di ketinggian sekitar 1.628 meter di atas permukaan laut. Wisata Alam ke Situ Patenggang Karena berada di ketinggian, suhu di sekitar danau mencapai di bawah 20 derajat celsius.

Selain itu, Situ Patenggang dikelilingi dengan panorama perkebunan teh Rancabali seluas 1.500 hektar. Danau ini menawarkan pemandangan asri sekaligus udara segar bagi para pengunjung.

Kawah Rengganis Cibuni / Destinasi Bandung
3. Kawah Rengganis
Selain Kawah Putih, ternyata Ciwidey memiliki obyek wisata kawah lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Kawah Rengganis. Kawah ini berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, sehingga juga disebut Kawah Cibuni.

Kawasan ini merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama kolam air panas alami. Pengunjung juga dapat mengunjungi kebun teh, yang letaknya mengelilingi Kawah Rengganis.

Baca Juga:Kawah Rengganis Cibuni Surga Tersembunyi di Ciwidey Bandung

Salah satu daerah wisata di Bandung Raya yang berlokasi di Rancabali, Ciwidey. Foto: Instagram @ahmadsopung
4. Perkebunan teh Rancabali
Perkebunan teh Rancabali terletak di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Kebun teh ini hanya berjarak sekitar 8,5 kilometer dari kawasan Kawah Putih. Selain menikmati pemandangan kebun teh, pengunjung juga dapat melakukan beragam kegiatan menarik, seperti berkunjung ke pabrik teh.

Kebun teh ini berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tak heran, sering terlihat kabut putih yang menyelimuti area perkebunan teh Rancabali ini.

Rancaupas (Sumber : Instagram/ ranca_upas)
5. Ranca Upas

Kawasan yang luasnya lebih dari 200 hektar ini tidak hanya berfungsi sebagai area perkemahan, tetapi juga penangkaran rusa.

Wisatawan bisa bermalam di Ranca Upas dengan mendirikan tenda di bumi perkemahan, di Ranca Upas Lokasinya berada di ketinggian 1.700 mdpl, sehingga membuat suhu udara di sana dingin, dengan suhu sekitar 17-20 derajat Celsius.
Selain bumi perkembahan, Ranca Upas juga memiliki penangkaran rusa, fasilitas outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung.

Bukit Jamur Ciwidey / Destinasi Bandung
6. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur, Rancabolang Ciwidey termasuk salah satu destinasi wisata baru di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Nama Bukit Jamur diambil dari pohon cemara di sekitar lokasi yang daunnya dibentuk menyerupai jamur. Beberapa pohon cemara tersebut memiliki pohon yang pendek, serta tampak berjajar rapi di sekitar lokasi wisata. Panorama pohon cemara yang dibentuk menyerupai jamur tersebut merupakan spot foto favorit para pengunjung. Selain pepohonan cemara, pilihan spot foto menarik lainnya adalah kebun teh.

Wisatawan bisa menyusuri kebun teh melalui jembatan kayu di atasnya. Bukit Jamur Ciwidey berada di Desa Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung

7. Pemandian air panas Ciwalini

Pemandian air panas Ciwalini Ciwidey tak diragukan lagi adalah surga bagi obyek wisata pemandian air panas. Wisatawan bisa mengunjungi pemandian air panas Ciwalini yang berlokasi di jalan Raya Ciwidey-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Daya tarik tempat wisata ini adalah berada kaki gunung sehingga memiliki udara sejuk. Selain itu, obyek wisata ini dikelilingi dengan perkebunan teh. Jadi, sembari berendam kamu bisa menikmati pemandangan asri. Terdapat dua kolam air panas di lokasi ini, yakni kolam umum dan kolam khusus bagi pengunjung yang menginginkan suasana lebih privat.

Tempat wisata Bandung Barusen Hills. Foto : Instagram@akang_bandung
8. Barusen Hills
Barusen Hills menawarkan paket wisata komplit dalam satu kawasan. Wisatawan bisa mengabadikan momen di berbagai spot selfie yang instagramable.

Salah satu spot favorit pengunjung adalah taman bunga yang berbentuk simbol love, bernama Barusen Garden. Fasilitas lainnya adalah wahana bermain anak, kolam renang, kantin, dan lainnya.

Baca Juga:Berlibur di Barusen Hills Ciwidey dengan Konsep Wisata Terpadu

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, Barusen Hills menawarkan beberapa macam penginapan mulai dari camping, glamping, cottage, dan vila.

Ciwidey Valley / Destinasi Bandung
9. Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman bermain di waterpark dengan aneka wahana.

Menariknya, air di waterpark ini diambil dari sumber air panas alami sehingga anak-anak tidak akan kedinginan. Setelah puas bermain wahana air, wisatawan bisa menginap di resort yang berada dalam satu kawasan. terdapat tiga akomodasi pilihan bagi tamu, yakni hotel, camping, glamping, dan cottage. Semua penginapan tersebut berada di kawasan lembah Ciwidey yang memiliki udara sejuk. Desain bangunan hotel hingga cottage didominasi kayu sehingga menguatkan unsur alam. Lokasinya berada di Jalan Barutunggul KM. 17 Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Happy Farm Ciwidey / Destinasi Bandung
10. Taman kelinci Happy Farm

Happy Farm merupakan salah satu tempat wisata keluarga favorit di kawasan Ciwidey, Bandung. Khususnya, untuk wisata edukasi anak-anak. Sesuai namanya, pengunjung dapat berinteraksi dengan beragam jenis kelinci di alam bebas, Sebelum masuk ke lokasi wisata, pengunjung akan dibekali sejumlah wortel untuk memberi makan kelinci-kelinci tersebut. Wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena dapat memberikan edukasi dan mengenalkan binatang.Taman Kelinci berlokasi di Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Bandung.

RELATED ARTICLES

Most Popular