Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaEvent & PromoTeras CAF Series 1, Kompetisi Balap Sepeda Gunung Downhill dan Enduro di...

Teras CAF Series 1, Kompetisi Balap Sepeda Gunung Downhill dan Enduro di Cikole Bike Park Lembang

DESTINASI BANDUNG-Melihat tingginya animo pecinta sepeda Downhill dan Enduro dari anak-anak hingga orang tua, maka digelar kompetisi sepeda gunung Downhill Teras CAF 1st Series 1.

Kompetisi sepeda gunung Downhill Hill dan Enduro Teras CAF 1st Series 1 digelar di Cikole Bike Park Lembang Kabupaten Bandung Barat dari tanggal 2-3 Oktober 2021.

Teras CAF 1st Series 1 adalah ajang kompetisi khusus untuk para atlet dan penghobi olahraga balap sepeda gunung Downhill dan Enduro yang kali ini dilaksanakan di Cikole Bike Park Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Digelarnya Teras CAF 1st Series 1 ini dilatarbelakangi oleh kerinduan para penghobi sepeda gunung Downhill (DH) dan Enduro yang tersebar di Indonesia untuk merasakan lagi serunya kompetisi balap sepeda.

Peserta dari balap sepeda Downhill dan Enduro Teras CAF 1st Series ini dibagi dalam 14 kelas mulai dari pemula hingga atlet profesional.

Para peserta ini merupakan atlet kelas prestasi dan pehobi.

Sedangkan kelas Master kategori usia mulai dari Youth, Younior, Elite, Open dan Kelas Master untuk Pehobi.

Kejuaraan balap sepeda downhill yang berlangsung hari Sabtu dan Minggu ini diawali pada hari jumat dengan opening ceremonial ‘Teras Caf 1st Series’ juga digelar ajang balap sepeda Downhill dan Enduro untuk Kelas Exhibition.

“Karena tingginya animo dari pemain sepeda Downhill, maka kami dari Teras Caf mengakomodir puluhan peserta untuk bisa ikutan turun,”ujar Arief Ardiansyah, Founder CAF kepada awak media.

Meskipun kehadiran pembalap hanya berlaga di kelas Exhibition, Widiyono Founder CAF menambahkan, pihaknya turut memantau aksi mereka, dan bukan tidak mungkin akan melahirkan bibit baru di extreme sport ini

“Lantas kegiatan balap sepeda berskala nasional, mengacu kepada regulasi lomba yang ditetapkan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) dan Union Cycliste Internationale (UCI) yaitu Federasi Balap Sepeda Dunia. Dalam kompetisi ini, menghadirkan 14 kelas yang dilombakan, mulai dari pra youth, penghobi dewasa hingga atlet profesional, ” katanya.

Sementara itu untuk kategori kelas yang dilombakan terbagi dua, yakni Kelas Prestasi dan Kelas Hobi.

Untuk Kelas Prestasi; Men Elite (>19 tahun), Women Elite (>19 tahun), Men Junior (17-18 tahun).

Selanjutnya dengan Kelas Hobi; Men Youth (15-16 tahun), Men Sport A (19-24 tahun), Men Sport B (25-29 tahun), Master Expert (30-44 tahun), Master A (30-34 tahun), Master B (35-39 tahun), Master C (40-44 tahun), Master D (45-49 tahun), Master E (>50 tahun), dan Women Open (>15 tahun).

Atas tingginya antusiasme dan keinginan TERAS CAF untuk melakukan pembibitan rider di masa depan, maka dibuka kelas Exhibition (12-14 tahun).

Sementara itu Founder CAF’S Technology & CAF Group, Yanuar Anugrah mengatakan, Kami
berkomitmen kuat, dengan melahirkan kegiatan ini untuk mendukung perkembangan olahraga nasional, khususnya di cabang balap sepeda gunung Downhill dan Enduro.

TERAS CAF 1st Series yang terselenggara dalam masa pandemi Covid-19.

Namun demikian, panitia tetap mengedepankan dan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat dalam penyelenggaraan kompetisi tersebut.

“Kami sangat meminimalisir interaksi peserta dengan menerapkan prosedur online mulai dari registrasi, license check hingga technical meeting,” katanya.

Pilihannya, sebagai syarat peserta dan official yang memasuki venue adalah wajib menunjukkan bukti vaksin, swab antigen dan Form Assessment Covid-19 saat screening.

“Tanpa bisa menunjukan bukti vaksin, swab antigen dan Form Assement Covid-19 jangan harap bisa berlaga dalam balap sepeda ini ya”,ujar Yanuar mengakui dalam gelaran dihadirin 300-an atlet.

Adapun total hadiah dari kejuaraan Teras CAF series 1 ini adalah sekitar 78 jutaan.

Juara yang mendapatkan hadiah mulai dari juara 1 sampai dengan juara 5.

RELATED ARTICLES

Most Popular