Minggu, Mei 5, 2024
BerandaEvent & PromoPameran 'Jendela Bandung', Sukses Digelar STT Bandung dan Bandung Creative hingga Menghasilkan...

Pameran ‘Jendela Bandung’, Sukses Digelar STT Bandung dan Bandung Creative hingga Menghasilkan 3 Karya Terbaik

DESTINASI BANDUNG – Pameran ‘Jendela Bandung’, Sukses Digelar STT Bandung dan Bandung Creative hingga Menghasilkan 3 Karya Terbaik.

STT Bandung bersama Bandung Creative Hub, APFI Pengurus Daerah Jawa Barat, APFI Pengurus Cabang Bandung dan Disbudpar Kota Bandung telah melaksanakan pameran yang sangat menarik dengan judul “Jendela Bandung” yang resmi dibuka di Bandung Creative Hub (BCH) Jl. Laswi No. 07 Kacapiring Batununggal Kota Bandung, 8 Maret 2022.

Dalam acara pembukaannya dihadiri oleh Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Muchammad Naseer, Kurator dan Kepala Prodi DKV STT Bandung Hadianto,Kasubag UPT PSKK dan segenap Dosen serta Mahasiswa STT Bandung Arini Mustika Dew.

“Pameran Jendela Bandung kali ini merupakan pameran ke-4 dari Bandung Dari Balik Lensa (BDBL) setiap Angkatan mahasiswa DKV studi Fotografi 2 dengan tujuan agar karya mahasiswa dapat dinikmati” ujar Sastra.

Hadianto mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian Mahasiswa Angkatan 2020 yang telah menyelenggarakan pameran tersebut serta mengucapkan selamat karena sudah berhasil atau pun mampu menggelar pameran dengan baik.

Dalam kesempatan sambutannya beliau menyinggung tentang akan diadakannya pameran selanjutnya pada bulan Juni, yang direncanakan akan diadakan di BCH kembali.

Selain itu Muchammad Naseer juga menyampaikan terima kasih pada peserta yang hadir dan menyinggung mengenai tema Bandung Dari Balik Lensa yang ke-4 ini adalah terkait dengan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Harapannya pameran ini akan sukses dan lebih meramaikan BCH dengan hal-hal kreatif.

Arini juga menyampaikan perihal Gedung BCH yang dibangun untuk memfasilitasi kegiatan kreatifitas Mahasiswa ataupun masyarakat umum Bandung.

Acara dibuka secara resmi dengan simbolis diserahkannya karya pameran berupa hasil foto Gedung Sate oleh Bapak Naseer kepada Ibu Arini.

Setelah Pameran resmi dibuka segenap tamu undangan berkeliling melihat karya-karya pameran yang sangat keren dan menarik.

Muchammad Naseer saat berkeliling melihat karya pameran, beliau menyinggung bahwa acara pameran ini sangatlah perlu dukungan penuh dan memuji acara pameran ini sangat menarik.

“Bagus, jadi kita bisa tahu sudut-sudut bandung” ujarnya.

Setelah berjalan menuju karya pameran lainnya tepatnya setelah melihat karya dari Ai Yuliana dengan judul karya Kembali Singgah, Beliau juga menyempatkan untuk mencoba beberapa teknik memotret menggunakan Handphone dengan diarahkan oleh beberapa Kurator Pameran.

Naseer dan Hadi bersama Arina membahas mengenai rencana pameran selanjutnya yang akan di laksanakan di BCH (Bandung Creative Hub) salah satu pameran yang disinggung adalah Pameran Film.

Selain itu, beliau juga memberikan challenge kepada seluruh peserta yang hadir terutama Mahasiswa untuk memotret sudut-sudut BCH dengan semenarik mungkin untuk mendapatkan hadiah dengan upload ke media sosial dan tag instagram STT Bandung, Bandung Creative Hub (BCH), Naseer dan Arini.

Acara selanjutnya adalah “Talkshow Foto Produk Dan Branding” bersama Sekretaris APFI Pengurus Daerah Jawa Barat, Nugroho Isryanto.

“Foto Produk adalah bagaimana menampilkan objek agar menarik dan memuat informasi di dalamnya” ucapnya.

Nugroho menegaskan bahwa sebagai seorang photografer harus bisa membangun mindset diri bahwa dirinya adalah seorang Photografer, juga menegaskan mengenai pentingnya kita untuk memanfaatkan Sosial media dalam photografer dengan sangat konsisten karena dengan Sosmed bisa membangun image dan personal branding dalam diri seorang photografer.

Pada sesi tanya jawab dengan mahasiswa, Mahasiswa bertanya mengenai photo produk. Nugroho menjelaskan dari segi teknik, hal yang paling utama adalah pencahayaan sedangkan untuk keseluruhan hal yang paling utama adalah konsep.

Selain itu ia juga menyarankan para peserta talkshow untuk mencari suasana baru untuk mengurangi kebosanan dan melawan kemalasan di dalam diri.

Acara terakhir adalah penyerahan sertifikat atau cindera mata dari STT Bandung kepada Nugroho sebagai simbolis penghargaan sebagai pembicara pada talkshow tersebut.

Dihari kedua. “Talk show Street Photography” diselenggarakan dengan Speaker Ivan Arsiandi yang merupakan Ketua Pengcab APFI Bandung didampingi oleh moderator Bapak Hadianto S.E selaku Kurator pameran dan Dosen DKV STT Bandung.

Selama acara berlangsung, banyak tips and trik yang disampaikan oleh Ivan untuk seluruh peserta, diantaranya tips pemilihan Kamera saat melakukan street photography, trik meminta izin saat memotret.

Hal itu penting karena sesuai dengan pengalaman yang beliau pernah alami ketika sudah memotret dengan hasil yang baik, namun harus dihapus karena tidak diberi izin.

Talkshow pun diakhiri dengan pemberian sertifikat atau cindera mata oleh STT Bandung kepada Ivan Arsiandi sebagai simbol penghargaan telah menjadi pembicara pada talkshow tersebut.

“Pameran Bandung Dari Balik Lensa dengan Judul Jendela Bandung” resmi ditutup pada 11 Maret 2022 dengan pengumuman 3 karya terbaik yaitu:

1. Karya dari Septi Fauzi N.dengan judul “Lembaran Baru”

2. Karya dari Aisiyah Bunga dengan judul “Warmer Breeze”

3. Karya dari Tiffany Cahyadi dengan judul “Ponyo Ingin Pulang”

Diumumkan juga pemenang challenge dari Naseer, yaitu Challenge Potret Sudut BCH yang dimenangkan oleh 5 pemenang, dengan 2 (dua) pemenang atas nama Dandi Mulyadi dan Fillah akan diberi hadiah dari Bapak Naseer dan 3 (tiga) pemenang atas nama Ferro Andi A.S, Abizard dan M.Rafli Ramdan akan diberi hadiah oleh Arini.

RELATED ARTICLES

Most Popular