Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaEvent & PromoRiung Priangan Siapkan Kota Bandung Sebagai Destinasi MICE

Riung Priangan Siapkan Kota Bandung Sebagai Destinasi MICE

Destinasi Bandung- Riung Priangan Siapkan Kota Bandung Sebagai Destinasi MICE . Bisnis perhotelan memiliki peranan penting pada perkembangan ekonomi dan pariwisata di setiap daerah dalam memberikan fasilitas dan pelayanan kepada setiap wisatawan yang datang, baik itu akomodasi, makanan dan minuman, fasilitas pertemuan ataupun fasilitas lainnya. Oleh karena itu sejak lebih dari 17 tahun yang lalu Riung Priangan hadir sebagai perhimpunan hotel berbintang yang turut aktif dalam menyukseskan perkembangan pariwisata di kota Bandung.

Untuk mempererat silaturahmi juga semakin meningkatkan industri pariwisata di kota Bandung, pada Senin, 24 Juli 2017, Riung Priangan mengadakan silahturahmi bersama Disbudpar Kota Bandung juga rekan-rekan media, bertempat di The Trans Luxury Hotel Bandung dengan tema Developing Bandung as the Preferred MICE and Leisure Destination in Indonesia.

Silahturami kali ini, dihadiri oleh Chairman Riung Priangan sekaligus General Manager Padma Hotel Bandung Bapak Nandang Suryana juga para General Manager hotel-hotel di Bandung yang tergabung dalam Riung Priangan.

Turut hadir juga Ibu Kenny Dewi Kaniasari MA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Dalam acara ini, Riung Priangan membahas perkembangan Kota Bandung yang tidak hanya sebagai kota destinasi wisata namun juga memiliki potensi yang sangat besar sebagai destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing, and Exhibition).

“Sangat penting untuk mengembangkan Kota Bandung sebagai kota yang siap menjadi tuan rumah berbagai event MICE baik itu yang berskala kecil maupun besar, domestik juga internasional. Seperti dilihat pada data dari ICCA (International Congress and Convention Association), di ASEAN ada lebih dari 500 MICE events setiap tahunnya, sayangnya Indonesia sebagai negara terbesar di Asean hanya menerima kurang dari 100 MICE event per tahun. Data juga menunjukkan bahwa top 3 topik meeting adalah teknologi, ilmu pengetahuan dan edukasi yang kita ketahui bersama merupakan DNA dari Kota Bandung” Ucap Nandang Suryana.

Beliau juga menambahkan bahwa menjadikan Bandung sebagai destinasi pilihan untuk MICE dan Leisure di Indonesia selain dapat memperkenalkan kota Bandung di mata dunia, juga dapat mendorong kesuksesan ekonomi daerah dengan peningkatan okupansi hotel, peningkatan penjualan hasil karya UKM, dan peningkatan pengunjung daerah wisata.
Data yang diambil dari ICCA Statistic Report 2016 ini juga menunjukkan bahwa Bali masih menjadi pilihan utama untuk penyelenggaraan MICE di Indonesia, disusul oleh Jakarta, Jogja dan Bandung.

Farid Patria, General Manager The Trans Luxury Hotel menyampaikan, perlu adanya kerja sama yang baik antar seluruh stakeholder kota Bandung baik itu pemerintah dan juga swasta untuk memperbaiki posisi Bandung pada peringkat kota tujuan MICE di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik adanya kesempatan untuk bekerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung untuk dapat menjadikan kota Bandung lebih terintegrasi sehingga siap menyambut tamu-tamu domestik dan internasional baik itu di bidang MICE maupun Leisure,”ujarnya.

Farid Patria juga menambahkan, Bandung mempunyai potensi yang sangat besar, dengan berbagai pilihan wisatan alam yang indah, keunikan kuliner lokal, dan budaya khas Jawa Barat yang kental, perlu diolah dan menjadi satu kesatuan untuk kesuksesan MICE yang terselenggara di Bandung nantinya.

“Inilah yang tentunya menjadi tugas kita bersama, Selain itu, juga disampaikan mengenai pentingnya peranan media untuk dapat menjadi perpanjangan tangan kepada masyarakat luas tentang potensi Bandung dan Jawa Barat,”pungkasnya.

Agenda dalam silahturahmi ini akan terus dikembangkan dan menjadi agenda rutin untuk kedepannya, dan Riung Priangan siap menjadi wadah apresiasi pebisnis hotel berbintang untuk perkembangan wisata Kota Bandung.

RELATED ARTICLES

Most Popular