Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaHeadlineLeuweung Geledegan Ecolodge, Resor Tematik di Kaki Gunung Salak

Leuweung Geledegan Ecolodge, Resor Tematik di Kaki Gunung Salak

Destinasi Bandung- Leuweung Geledegan Ecolodge, Resor Tematik di Kaki Gunung Salak . Bagi yang mengerti bahasa Sunda, mendengar istilah “leuweung geledegan” langsung terbayang sebuah hutan yang sangat rimbun, gelap, misterius, agak menyeramkan, dan sedikit berbau mistis. Ya, wajar karena maknanya pun adalah hutan belantara.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Namun, berbeda saat Anda masuk ke leuweung geledegan yang satu ini. Bayangan sebuah hutan yang gelap dan menyeramkan, sirna sudah. Tetapi, tetap Anda mendapatkan atmosfer hutan yang hijau, udara bersih dan segar yang membuat senang paru-paru, serta pemandangan yang memanjakan mata.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Di Leuweung Geledegan Ecolodge hotel berkonsep bumi perkemahan atau yang biasa disebut glamping (glamour camping). Lokasinya berada Jalan Tamansari Bogor. Tak jauh dari pusat Kota Bogor.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Resor tematik ini sengaja mengambil nama dari Bahasa Sunda. Selain letaknya di Jawa Barat, pengelola pun punya tujuan mengenalkan budaya lokal Sunda kepada para pengunjungnya. Mulai dari makanan-makanan tradisional, permainan tradisional, dan seni tradisional.

Namun, bukan berarti tak tersedia makanan nasional dan internasional.
Kedua restoran itu letaknya terpisah dengan “tenda-tenda” yang ada. Maka, jangan kaget kalau ada hansip membawa kentongan, datang ke tenda. Mereka hanya mengingatkan tamu bahwa waktu makan siang atau makan malam sudah tiba.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Ada 82 lodge atau tenda yang tersedia, dilengkapi 2 restoran berkapasitas 50 dan 100 orang. Lodge-nya pun unik. Tampak seperti tenda tetapi memiliki fasilitas hotel berbintang. Pengunjung bisa tetap merasa dekat dengan alam. Menikmati segarnya udara pagi dan hembusan angin sejuk. Makin lengkap dengan pemandangan Gunung Salak di depan mata. Jadi, jangan kaget apabila di malam hari menjelang tidur, terdengar suara jangkrik, kodok, dan binatang malam lainnya. Sebuah suasana yang sangat langka didapatkan di perkotaan.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Fasilitas di Leuweung Geledegan ini lebih dari cukup. Ada kolam renang tematik, kawasan 1 héktare untuk kegiatan outbound. Ada juga 5 ruang pertemuan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, termasuk pernikahan.
Hal yang berbeda dari Leuweung Geledegan ini ialah sisi edukasi bagi para pengunjung. Edukasi di sini lebih kepada penjelasan tentang berbagai tumbuhan yang ada di sekitar Leuweung Geledegan. Tanaman-tanaman itu juga bagian dari fasilitas pelengkap. Ada kebun buah-buahan dan taman bunga.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Di kebun buah-buahan, pengunjung akan dikenalkan dengan berbagai jenis buah-buahan yang sudah jarang ditemui seperti sapote, magic fruits, berbagai jenis anggur, dan lainnya. Di taman bunga, ada jejeran bungai matahari, tabebuya, jackaranda, bungur sakura, dan lainnya.
Pengelola juga menjual bibit-bibit tanaman tersebut, sekaligus membimbing cara merawatnya. Dalam menangani kebun buah dan taman bungai, berikut penyediaan bibit, pengelola menggandeng petani buah dan bunga dari Cisarua (Bogor) dan Lembang (Bandung).

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Selain bercengkrama dengan alam, LGE juga menyuguhkan pengalaman dan kenangan. Pengalaman bagi kalangan milenial dan menggugah kenangan bagi generasi yang lebih senior. Pengalaman dan kenangan itu dituangkan dalam berbagai hal seperti kuliner. Tak lupa, tersedia berbagai spot yang instagramable.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Untuk kuliner, pengelola menyiapkan makanan dan minuman tradisional tanah Priangan, di luar makanan nasional dan internasional. Beberapa makanan dan minuman jadul itu ialah kue balok, bandros, kue putu, bajigur, bandrek, sekoteng.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

“Yang menyajikannya adalah emang-emang yang memang sehari-hari berjualan makanan dan minuman tradisional tersebut. Kami sengaja bawa mereka ke sini agar pengunjung bisa berinteraksi dengan mereka. Ini akan menjadi pengalaman yang unik bagi kalangan milenial. Dan, bagi orangtua kalangan milenial, ini bisa menggugah kenangan,” ujar Direktur PT.Bogor Wahana Kreasi Rizal Ginanjar Cahyaningrat, pengelola LGE.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Hal unik lainnya ialah hadirnya layar tancap atau kerap disebut misbar. “Sebelum bioskop merebak, orang-orang dulu kalau mau nonton film ya di layar tancap atau misbar alias gerimis bubar. Kenapa misbar? Karena lokasi layar tancap ini di luar ruangan, tanpa atap. Hanya kain dibentangkan sebagai layar lalu filmnya disorot ke kain itu. Kadang tidak ada kursi. Duduk ngampar di tanah beralaskan tikar. Ketika gerimis datang, penonton pun buar. Itulah misbar,” ucap Rizal.

Menurut Rizal, LGE cocok bagi berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Saat akhir pekan, tentunya keluarga yang mungkin lebih banyak menginap. Atau rombongan dari berbagai daerah. Untuk weedays, target pasarnya ialah pemerintahan, swasta, dan anak-anak sekolah.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

“Untuk weekdays, memang lebih ke MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) bagi pemerintah dan swasta. Kami menyediakan team building juga.

Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor / Destinasi Bandung

Sementara anak-anak sekolah, ada edukasi soal lingkungan dan tumbuh-tumbuhan,” ucapnya.

Berikut beberapa fasilitas di Leuweung Geledegan Ecolodge

1. Kebon Kembang
Area ini akan ditanami berbagai macam bunga langka yang jarang ditemui di Indonesia seperti : Bunga Sakura, Bunga Tabebuya,Bunga Bungur (Jepang), Bunga Jacharanda (Amerika Tengah)

2. Kebon Bungbuahan
Area ini akan ditanami berbagai jenis buah-buahan langka dari berbagai negara seperti : Buah Mamey Sapote (Amerika Tengah )Buah Anggur (Brazil) dengan 50 varietas, Buah Tamarilo (Amerika Selatan) area ini dijadikan spot edukasi bagi pengunjung atau tempat belajar dan penelitian kalangan pendidikan.

3. Layar Tancap Misbar
Area Layar Lebar Misbar atau Gerimis Bubar nonton bersama di area hijau yang luas akan memberikan kenangan berarti bagi keluarga,teman dan rekan tercinta.

4. Hansip Keliling
Pasukan keamanan berwarna hijau ini akan menjadi lonceng pengingat untuk makan siang dan malam dengan ciri khas bunyi pentungan kayunya.

5. Pedagang Keliling Makanan Tradisional
Sepanjang bermalam dan menginap pengunjung akan bertemu langsung dengan pedagang-pedagang makanan minuman khas sunda seperti : Kue Surabi, Kue Bandros, Kue balok,Kue Putu, Sakoteng, Bajigur, Bandrek.

6.Outbound 1 Hektar
Area seluas 1 hektar ini diperuntukkan untuk area bermain bersama dengan fasilitas-fasilitas outbound dan permainan tradisional seperti : Main Kaleci, Engrang dan lain-lain

7.Infinity Pool
Kolam renang etnik dengan pemandangan eksotis yang mempesona memanjakan anda bersama keluarga.

8.Edu Activity
Aktivitas edukasi ini akan diberikan setelah tamu melakukan Chekin lalu dipandu berkeliling untuk menikmati fasilitas dan mendapatkan penjelasan ilmiah tentang buah-buahan dan tanaman bunga.

9.Spot Selfi
Spot selfi yang instagramable dengan pesona alam dan pemandangan eksotis.

Leuweung Geledegan Ecolodge mempunyai 6 tipe tenda yakni Executive Suites sebanyak 5 unit dengan harga Rp.1.650.000 permalamnya, Lodge A kapasitas 3 orang sebanyak 3 unit dengan harga Rp.1.200.000 permalamnya, Lodge B kapasitas 4 orang dengan harga Rp.1.400.000 sebanyak 27 unit, Lodge C kapasitas 5 orang sebanyak 10 unit dengan harga Rp.1.500.000 permalamnya, Lodge D kapasitas 6 orang sebanyak 25 unit dengan harga Rp.1.800.000 permalamnya, Lodge E kapasitas 7 orang sebanyak 12 unit dengan harga Rp.2.100.000 permalamnya.

Fasilitas di dalam tenda terdapat Saluran TV, Akses Internet dan AC.

Leuweung Geledegan Ecolodge berlokasi di kampung Tamansari no.17 kelurahan Taman Sari Kec Taman Sari Ciapus Kabupaten Bogor.

Untuk reservasi bisa menghubungi ke telpon 0811 1047 900 dan 0812 1334 0792
Instagram @lge_bogor
Facebook : Leuweung Geledegan Ecolodge.

RELATED ARTICLES

Most Popular