Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaHeadlinePanduan Dasar Melakukan Trekking Gunung Untuk Para Pemula

Panduan Dasar Melakukan Trekking Gunung Untuk Para Pemula

DESTINASI BANDUNG – Kegiatan outdoor seperti mendaki gunung bukan hanya dilakukan para pencinta alam saja, melainkan merupakan kegiatan favorit untuk kalangan anak muda yang baik itu pelajar atau pun mahasiswa.

Ada banyak dari mereka yang berpengalaman juga untuk mendaki gunung atau trekking ini, tetapi tak sedikit pula yang belum terlalu akrap dengan aktivitas outdoor satu ini.

Kali ini akan dibahas beberapa tips saat mendaki gunung yang perlu diperhatikan agar kegiatan mendaki sampai puncak bisa berjalan lancar.

Keseimbangan harus dilatih
Rasanya keseimbangan sangat berkaitan dengan aktivitas mendaki ini. Kita memang harus melatih tubuh kita seperti lari pagi misal, tetapi ada pun hal lain yang harus dilatih yaitu kesimbangan kamu.
Agar bisa melatih keseimbangan, maka bisa lakukan senam-senam kecil saja seperti berdiri hingga beberapa saat memakai satu kaki. Aktivitas seperti ini ideal untuk dilakukan setelah olahraga kecil seperti lari jogging.
Jika lari dan senam sudah dilakukan rutin, maka kamu sudah bisa lolos tahap pertama persiapan mendaki gunung.

Usahakan selalu jaga kesehatan
Kesehatan adalah hal paling vital jika ingin mendaki gunung, kalian bisa bayangkan saja jika trekking gunung dengan keadaan badan yang tidak bugar dan tidak fit. Jika keadaan badan sedang tidak fit tetapi nekat untuk trekking atau naik gunung, maka bisa saja kita akan berhenti di jalan lalu susah untuk sampai puncak.

Cari tahu apa yang perlu dibawa saat trekking gunung
Kalau ingin trekking gunung, tentu peralatan yang perlu kamu bawa ketika melakukan pendakian tersebut tentu harus dipahami. Misal mulai dari jaket, tutup kepala, dan sarung tangan agar bisa membuat kamu terjaga dari kedinginan saat trekking gunung dilakukan.
Peralatan trekking lainnya yaitu sepatu khusus gunung, tutup kepala, tas berukuran besar, kaos kaki, senter, sleeping bag, tas kecil, tenda, dan matras.
Masih banyak tentu perlengkapan trekking gunung lainnya, siapkan pula tongkat yang nyaman dipakai agar bisa membuat beban tubuh lebih ringan, perlu juga tentu peralatan memasak di gunung dan tak lupa kamera. Tentunya kamu tidak ingin buka kelewatan mengabadikan momen-momen terbaik saat ada di puncak gunung.

Pahami cara jalan saat mendaki
Saat mendaki gunung tentu bukan hanya asal-asalan berjalan saja, pastinya kamu tak ingin bukan hal-hal yang jelek terjadi ketika trekking gunung. Tidak terlalu susah sebenarnya cara berjalan di medan atau trek gunung yang sulit.
Usahakan kaki kamu selalu lentur tiap kali menapak di tanah. Saat trekking gunung, harus tetap focus kepada pijakan tersebut. Jika kaki kaku, maka bisa saja kemungkinan terjadi cidera, jika sudah seperti itu, maka otomatis bisa menghambat kamu dan teman-teman saat trekking gunung berlangsung.

Jangan malu minta berhenti
Jika kamu merupakan pendaki pemula, maka pastinya kemampuan mendaki tidak terlalu mahir dan tangguh dibandingkan mereka yang terbiasa trekking gunung. Kamu tak perlu malu untuk berkata capek atau minta berhenti sejenak.
Hal ini penting karena daripada nanti kalau dipaksakan, bisa saja hasilnya tidak baik.

Usahakan kurangi mengeluh
kalau kamu mengeluh saat perjalanan mendaki, maka merupakan hal tidak baik. Dengan mengeluh, bisa saja mempengaruhi psikis diri kita lalu berimbas ke tubuh. Sebaiknya hindari mengeluh walau dalam keadaan apa pun, lebih baik menyemangati saja atau selalu ceria supaya perjalanan trekking tidak terasa terlalu berat dan lebih mengasyikan juga.

RELATED ARTICLES

Most Popular