Senin, Mei 6, 2024
BerandaEvent & PromoSyaamil Group Menginisiasi Lahirnya Islamic Community Summit (ICS) 2022 di Bandung, Siap...

Syaamil Group Menginisiasi Lahirnya Islamic Community Summit (ICS) 2022 di Bandung, Siap Kolaborasi Sesama Komunitas

DESTINASI BANDUNG -Syaamil Group Menginisiasi Lahirnya Islamic Community Summit (ICS) 2022 di Bandung, Siap Kolaborasi Sesama Komunitas. Perlu diketahui bersama bahwa saat ini telah terjadi tren pergeseran gaya hidup. Wabah pandemi telah memberikan pelajaran keseimbangan antara dunia-akhirat dan kehidupan pribadi/keluarga-sosial.

Keseimbangan antara ranah pribadi dengan ranah umum. Islam telah mengajarkan tentang keseimbangan hidup antara orientasi dunia-akhirat ini, termasuk keseimbangan saat makan-minum dan dalam membelanjakan harta. Bagi milenial Muslim, keseimbangan menjadi faktor penting dalam hidup.

Wabah pandemi telah menciptakan masyarakat baru yang penuh empati, terlihat dari begitu banyaknya aksi simpatik berupa pemberian donasi dan penggalangan dana untuk masyarakat yang terdampak pandemi.

Intinya, komunitas hadir dan membawa peran penting bagi kehidupan bermasyarakat. Banyak perubahan-perubahan besar di masyarakat yang digerakkan oleh komunitas baik dalam kehidupan sosial, ekonomi, maupun budaya. Hanya saja konsep memberikan aura positif yang dilakukan oleh berbagai komunitas di atas dilakukan masing-masing, belum berkolaborasi antarkomunitas.

Kalau beberapa atau bahkan semua komunitas itu saling berkomunikasi, saling berjejaring, saling bersinergi, dan saling menguatkan, insya Allah efeknya bisa jadi akan jadi lebih hebat lagi. Inilah yang menjadi alasan kuat Syaamil Group menginisiasi lahirnya Islamic Community Summit (ICS) 2022 dengan tagline ‘Berjamaah Lebih Kuat’. Insya Allah ICS 2022 yang diadakan pada hari Selasa – Rabu, 12-13 Juli 2022 yang mengambil tempat di Grand Asrilia Hotel Convention & Restaurant, Jl. Pelajar Pejuang 45 No.123 Bandung.

Islamic Community Summit ICS 2022 kali ini akan dihadiri oleh para ketua atau perwakilan komunitas-komunitas Muslim yang ada di Indonesia dan sampai saat ini sudah ada lebih dari 150 komunitas yang berkomitmen hadir secara luring. Bagi komunitas lainnya atau pengurus/anggota komunitas yang belum berkesempatan hadir secara luring, bisa mengikutinya secara daring dengan cara mendaftar lewat aplikasi Zoom atau menonton live di YouTube Syaamil TV. Syaamil Group juga mengundang perwakilan dari pemerintah, swasta, platform donasi, dan unsur masyarakat lainnya sebagai pendukung dari ekosistem komunitas.

Para tokoh yang diagendakan hadir sebagai pengisi acara adalah Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat sekaligus pegiat komunitas), Bapak Riza Zacharias (Founder Syaamil Group dan Komunitas Muda Juara), Imam Shamsi Ali (Imam di Islamic Center of New York), Dimas Seto dan Dhini Aminarti (Pegiat Komunitas Kajian Musyawarah), Ustadz Bilal Attaki, dr. Andhika (Pengasuh Masjid Muslim Billionaire), Ketua Komuninas ODOJ, dan para tokoh serta pegiat komunitas lainnya.

“Saya mengajak teman-teman komunitas semua yang pastinya memiliki semangat kontribusi bagi kemajuan dan kemaslahatan umat ini untuk turut hadir dalam acara Islamic Community Summit 2022, 12-13 Juli 2022. Pastikan sahabat semua, teman-teman komunitas semua, mengambil peran dalam acara yang sangat baik ini karena dengan bersama-sama, kita akan mendapatkan keberkahan dan menjadi lebih kuat pastinya. Terima kasih,” ujar Riza Zacharias (Chairman, Founder, dan Owner Syaamil Group).

ICS 2022 juga mengadakan Lomba Video Kreatif Satu Menit “Berjamaah Lebih Kuat” dengan hadiah utama 1 (satu) buah laptop ASUS VivoBook dan hadiah total senilai 109 juta rupiah lebih. Video tersebut wajib diunggah ke Instagram Feed dan ZenCreator Community. Peserta terbuka untuk umum (15-30 tahun) dan tidak dipungut biaya (gratis). Periode lomba adalah 1-11 Juli 2022 dan pemenang akan diumumkan pada 12 Juli 2022.

“Selamat untuk kegiatan Islamic Community Summit 2022 yang diselenggarakan pertama kali di Jawa Barat. Komunitas adalah bagian yang terpenting dalam membangun peradaban Indonesia. Komunitas harus penuh manfaat, tempat berkumpul orang-orang yang memiliki satu kesamaan atau visi. Dan visi itu akan menjadi luar biasa jika kita bersatu dalam kegiatan-kegiatan yang positif,” sambut Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Beliau memberikan sambutan di Gedung Pakuan khusus untuk event ICS 2022, usai acara walimatul hajj. “Pengalaman saya dalam membangun komunitas itu tidak mudah. Perlu waktu dan kecintaan yang tentunya harus kita hadirkan. Sekali lagi, selamat melaksanakan kegiatan, semoga summit ini menghasilkan hal-hal yang positif dan bermanfaat, terus bersemangat untuk membangun Indonesia yang lebih islami dan rahmatan lil’alamin,” katanya.

Konten acara yang akan dihadirkan di ICS 2022 kali ini pada intinya ada tiga bagian penting, yaitu SHARING-BONDING-NETWORKING. Sharing adalah berbagi pengalaman dari tokoh-tokoh nasional dan pegiat komunitas. Bonding adalah momen kebersamaan agar saling mengenal dan ‘menautkan hati’.

Sedangkan Networking adalah saling berjejaring antarkomunitas. Semoga kontribusi ICS 2022 ini mampu menggerakkan komunitas Muslim di Indonesia bisa menjadi penggerak peradaban bangsa menuju ke arah yang lebih baik dan diberkahi oleh Allah Swt.

RELATED ARTICLES

Most Popular