Jumat, Juli 19, 2024
BerandaOtomotifHindari Penggunaan Smartphone Saat Berkendara

Hindari Penggunaan Smartphone Saat Berkendara

DESTINASI BANDUNG- Untuk keselamatan diri sendiri dan pengendara lain, sangat penting untuk tidak menggunakan smartphone saat berkendara sepeda motor. Karena menggunakan smartphone saat berkendara adalah tindakan yang sangat berbahaya dan tidak dianjurkan sama sekali.  
 
Berkendara menggunakan sepeda motor memerlukan konsentrasi dan fokus yang baik dari pengendaranya. Saat berkendara, pengendara harus menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi fokus atau konsentrasi, seperti jika berboncengan berbicara dengan penumpang di belakang, berinteraksi dengan pengendara lain, dan yang terpenting, menghindari penggunaan handphone saat berkendara.
 
Menggunakan handphone saat berkendara adalah aktivitas yang sangat berbahaya karena pengendara harus membagi fokus pada dua hal sekaligus. Meskipun dapat bergantian mengatur fokus, namun pengendara tidak akan dapat memprediksi potensi bahaya yang muncul secara tiba-tiba. 

Baca Juga : Tanda Kampas Kopling Sepeda Motor Mulai Aus, Salah Satunya Mesin Cepat Panas
 
Situasi semacam ini memerlukan kecepatan berpikir dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat agar kita dapat terhindar dari kecelakaan. Apabila pengendara memerlukan peta untuk menunjukkan arah jalan, alangkah baiknya jika menepi terlebih dahulu ke tepi jalan dan melihat arah petunjuk tersebut dalam keadaan berhenti.
 
Selain itu, isi pesan dari handphone secara tertulis, seperti SMS, Direct Message, atau bentuk pesan lainnya yang bersifat tulisan di dalam handphone, juga dapat berbahaya dan mempengaruhi cara kita berkendara. Pesan yang diterima langsung melalui telepon juga bisa mempengaruhi aspek emosi kita. 
 
Safety Riding Development Section Head, Ludhy Kusuma menjelaskan, melakukan dua aktivitas sekaligus saat berkendara sangat berisiko, oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan handphone atau smartphone saat berkendara. Janganlah melibatkan diri dalam aktivitas lain saat berkendara sepeda motor, selain fokus pada mengemudi sepeda motor dengan baik. 
 
“Selalu berhati-hati saat berkendara, berupayalah memprediksi bahaya sebaik mungkin agar kita dapat terhindar dari kecelakaan. Kecelakaan bisa dicegah tergantung pada bagaimana kita menghadapi situasi di lalu lintas saat berkendara. Selalu #Cari_Aman saat berkendara,” ujar Ludhy.

RELATED ARTICLES

Most Popular