Selasa, Mei 7, 2024
BerandaEvent & PromoDosen dan Mahasiswa KKN Unpad Gelar Webinar Penanganan Penyebaran Hoax Kesehatan di...

Dosen dan Mahasiswa KKN Unpad Gelar Webinar Penanganan Penyebaran Hoax Kesehatan di Desa Cimenyan Kabupaten Bandung

DESTINASI BANDUNG-Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran menggelar webinar integratif hybrid Komunikasi Efektif Dalam Penanganan Penyebaran Konten Hoax Kesehatan di Masa New Normal di Balai Desa Cimenyan Kabupaten Bandung Minggu 6 Februari 2022.

Acara webinar Komunikasi Efektif dalam Penanganan Penyebaran Konten Hoax Kesehatan di Masa New Normal tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Cimenyan beserta forum silaturahmi perwakilan dari setiap RT dan RW di Desa Cimenyan yang dimulai pukul 08.00 pagi.

Dalam acara tersebut, tim KKN – Komunikasi Efektif Universitas Padjadjaran memberikan webinar sebagai bentuk edukasi terhadap warga desa mengenai hoax pada aspek kesehatan terutama dimasa pandemi Covid-19.

Pembicara utama yaitu Dr. Yanti Setianti (Dosen Fikom Unpad) menyampaikan pengertian dasar dari komunikasi efektif itu sendiri.

Dalam kehidupan bersosialisasi, komunikasi merupakan sarana agar setiap tujuan dan maksud dapat tersampaikan dengan baik. Komunikasi dapat dikatakan efektif apabila komunikan (orang yang menerima pesan) dapat mengerti maksud dan tujuan yang disampaikan oleh komunikator (orang yang memberi pesan).

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Yanti Setianti, M.Si sebagai pembicara dalam Webinar “Komunikasi Efektif dalam Penanganan Penyebaran Konten Hoax Kesehatan di Masa New Normal” diadakan oleh tim Kuliah Kerja Nyata 2022 – Universitas Padjadjaran dengan topik Komunikasi Efektif.

Selain Dr. Yanti, webinar ini menghadirkan pembicara dari pihak media online yaitu Hendra Karunia founder Media Online Destinasi Bandung.

Beliau menyampaikan mengenai ciri-ciri dari berita hoax dan cara agar terhindar berita hoax.

Tim KKN Unpad foto bersama forum warga Desa Cimenyan
Hal tersebut mengundang antusias warga Desa Cimenyan untuk menyimak materi yang diberikan oleh pembicara.

Setelah webinar selesai, acara dilanjutkan dengan ngaliwet bersama warga Desa Cimenyan untuk menjalin kembali silaturahmi dan rasa kekeluargaan.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat serta sertifikat sebagai rasa terimakasih kepada Desa Cimenyan karena telah mengizinkan tim KKN – Komunikasi Efektif Unpad untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Cimenyan.

Tanda apresiasi ini diberikan oleh Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida M.Si. sebagai dosen pembimbing lapangan.

Webinar ini juga berlangsung secara online bersama partisipan yang lain melalui zoom.

Program KKN di Desa Cimenyan telah berlangsung hampir satu bulan dengan beberapa kegiatan seperti penyuluhan mengenai 5M, vaksin maupun membantu kegiatan vaksin di Desa Cimenyan. ***

RELATED ARTICLES

Most Popular