Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBisnisPartisipasi Wirausaha Perempuan Indonesia Nomor 1 di Anggota GEM

Partisipasi Wirausaha Perempuan Indonesia Nomor 1 di Anggota GEM

Destinasi Bandung- Partisipasi Wirausaha Perempuan Indonesia Nomor 1 di Anggota GEM. Tingginya partisipasi perempuan dalam kewirausahaan baru membuat Indonesia berada pada peringkat pertama dengan rasio perempuan dan laki-laki tertinggi antara negara anggota GEM.

Acara yang berlangsung pada hari Minggu sampai dengan Selasa di (5-8 Februari 2017) di Kuala Lumpur ini diselenggarakan pertemuan tahunan Global Entrepreneurship Monitor(GEM) sekaligus peluncuran laporan GEM 2016/2017. Dalam kegiatan ini, Global Entrepreneurship Monitor (GEM) melaporkan bahwa kewirausahaan secara global meningkat.

Peningkatan ini disertai dengan aspirasi positif dari para wirausaha di dunia. Lima puluh lima persen dari total wirausaha yang disurvei oleh GEM di berbagai negara di seluruh dunia menyatakan untuk mau menambah tenaga kerjanya dalam lima tahun ke depan.

Secara global, banyak faktor yang dapat menghambat pertumbuhan
kewirausahaan, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang modern, peraturan ketenagakerjaan yang kurang fleksibel, kurangnya tenaga kerja terampil atau berpendidikan, terbatasnya akses pembiayaan maupun pilihan untuk tetap menjadi usaha kecil untuk menghindari komplesitas admnistrasi dan peraturan.

Dalam penelitian GEM, terdapat indikator TEA yang bersifat stabil dari tahun ke tahun. Di tahun 2016, sama rata-rata jumlah wirausaha pada tahap awal atau TEA (Total Early-stage Entrepreneurial Activity), yang diukur dari persentase penduduk usia 18-64 yang merupakan wirausaha yang baru lahir atau pemilik usaha baru cenderung tinggi pada negara yang masuk dalam kategori pertumbuhan ekonomi “factor driven”, dan menurun pada negara yang masuk dalam kategori “efficiency-driven” dan innovation-driven”.

RELATED ARTICLES

Most Popular