Minggu, Mei 19, 2024
BerandaOtomotifKhusus Pengguna Motor Matic, Jangan Lupa Untuk Ganti Oli Gardan Secara Rutin

Khusus Pengguna Motor Matic, Jangan Lupa Untuk Ganti Oli Gardan Secara Rutin

DESTINASI BANDUNG-Untuk merawat sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima, penting untuk selalu rutin mengganti oli sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Namun wajib diingat  khusus untuk sepeda motor matik ganti olinya berbeda dengan motor lainnya karena motor tipe memiliki dua jenis oli. Selain oli mesin, ada juga oli transmisi atau yang lebih dikenal dengan nama oli gardan dan oli gardan ini pun memiliki kapasitas yang berbeda di setiap motornya.
 
Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, Oli gearbox atau oli gardan punya fungsi penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gigi gardan pada sistem transmisi otomatis. Letaknya berada di bagian belakang CVT tepat di tengah poros yang menghubungkan CVT dengan ban belakang.
 
“Jika sering terlambat atau salah spesifikasi saat mengganti oli gardan, maka kerusakan pada gigi gardan bisa terjadi. Biasanya, kerusakan komponen tersebut meliputi terjadinya keausan di bagian giginya yang lama kelamaan akan menimbulkan suara atau noise yang tidak normal. Dan apabila kapasitas oli yang sangat kurang akan berpengaruh kepada bearing yang berada di dalamnya, namun juga jangan lebih dari kapasitas yang sudah ditentukan karena apabila lebih dapat menimbulkan kerusakan pada seal seal yang ada di dalamnya juga. Dan untuk diperhatikan lakukan pengecekan juga routing selang pernafasan gearbox atau gardan jangan sampai menekuk, lepas dari bracket, dan atau bahkan sobek dan tersumbat ,” ujar Ade.
 
Seperti halnya penggantian oli mesin, penggantian oli transmisi atau oli gardan juga cukup mudah dilakukan sendiri dengan menggunakan alat sederhana. Jadwal penggantian oli gardan berbeda dengan oli mesin, biasanya dilakukan saat jarak tempuh mencapai 8.000km atau setelah penggunaan sepeda motor selama 8 bulan.
 
Sebagai alternatif, penggantian oli transmisi juga dapat dilakukan secara bersamaan dengan penggantian oli mesin dengan perbandingan 2 banding 1. Dengan kata lain, setiap kali mengganti oli mesin dua kali, bisa sekalian melakukan pergantian oli transmisi secara bersamaan.
 
Selain itu, perlu diketahui bahwa Honda Genuine Part (HGP) memiliki 2 jenis oli transmisi, yaitu base oil dan synthetic. Oli sintetik menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru untuk Honda, membuat pelumas mempunyai stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin maupun panas. Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas untuk meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan.
 
Jadi penting untuk dipahami spesifikasi oli mesin dan transmisi untuk digunakan pada setiap tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. Agar tidak salah pilih spesifikasi oli, bawalah sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan dan suku cadang terbaik dari Honda.

RELATED ARTICLES

Most Popular