Rabu, Juni 26, 2024
BerandaOtomotifiCar Asia Limited Pemilik Baru Carmudi Indonesia

iCar Asia Limited Pemilik Baru Carmudi Indonesia

Destinasi Bandung-iCar Asia Limited Pemilik Baru Carmudi Indonesia . iCar Asia Limited, pemilik jaringan portal otomotif di beberapa negara Asean, menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Carmudi Indonesia. Akuisisi ini tinggal menunggu tahap penyelesaian dokumen dan diharapkan selesai 15 Oktober 2019.

Nilai transaksi itu mencapai US$ 3 juta dan akan dibayar dari kas internal dalam dua termin. Pertama, sebesar US$ 2 juta pada penyelesaian dokumen, sedangkan sisanya pada 15 Oktober mendatang. Carmudi Indonesia memiliki bisnis periklanan dan bisnis menghasilkan calon pembeli potensial (lead generation) yang melayani perusahaan manufaktur kendaraan terkemuka di Indonesia. Laman Carmudi Indonesia memiliki 2 juta pengunjung per bulan.

Sementara itu, iCar Asia memiliki hampir 6 juta pengunjung per bulan dan ada irisan audiensi dengan Carmudi Indonesia, yaitu sekitar 20%, menurut Similar Web. Dengan gabungan audiensi dan bisnis mobil baru yang dimiliki iCar Asia saat ini, akuisisi ini diharapkan akan menciptakan platform periklanan yang lebih kuat bagi industri otomotif di Indonesia.

“Akuisisi ini juga memberi iCar Asia peluang untuk memperluas penguasaan pasar di bisnis mobil bekas, setelah mengakusisi laman otomotif vertikal nomor dua di Indonesia, carmudi.co.id,” ujar CEO iCar Asia Hamish Stone, Kamis (19/9/2019).

Hamish menjelaskan, carmudi saat ini mengoperasikan lima pusat penjualan mobil offline yang disebut Carcentro. Ini adalah platform transaksi untuk dealer mobil bekas dan perusahaan pembiayaan kendaraan terkemuka, yang menghasilkan pendapatan berupa komisi. Kelima Carcentro, kata dia, beroperasi di Kota Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Kombinasi bisnis di Indonesia ini diharapkan memacu pendapatan iCar Asia di Indonesia hingga dua kali lipat. Melalui sinergi itu, diharapkan bisnis iCar Asia di Indonesia mencapai titik impas pada 2020.

“Saat ini, iCar Asia masih berada pada jalur tepat untuk mencapai titik break even laba usaha (EBITDA) pada akhir 2019. Itu sebabnya, kami senang Carmudi Indonesia bergabung dengan iCar Asia dan semakin memperkuat posisi kami di pasar Indonesia di segmen mobil baru dan bekas,” papar Hamish.

Akuisisi itu, kata dia, mengukuhkan visi iCar Asia untuk menjadi platform yang digunakan konsumen untuk menyelesaikan semua kebutuhan otomotif mereka.

RELATED ARTICLES

Most Popular